Tuesday, 3 December 2019

# Me Time # Writing Ala AuRa

YUK NGEBLOG! TUTORIAL BIKIN BLOG ALA ROEMAH AURA


Sebenarnya rada malu menulis artikel ini, karena saya termasuk anak baru di dunia pembloggeran. Baru belajar sekitar tahun 2017. Dan baru rada serius belajar dan menulis akhir tahun 2018 yang lalu. Tapi bukankah ilmu itu semakin dibagikan akan semakin bertambah dan memberikan manfaat bagi yang membagikannya?

Seperti niat awal ngeblog yang memang sebagai sarana menjadikan diri sebagai manusia yang bisa memberi manfaat dengan menebarkan ilmu walaupun kapasitas ilmunya masih sedikit ini.

Bagi wanita yang butuh menyalurkan 20.000 kata per hari sangat perlu wadah untuk mencurahkan dengan baik. Bukan dengan menggosip atau marah-marahin anak dan suami. Ya, ini salah satunya. NGEBLOG! Karena biasanya sambil menulis kita akan bicara sendiri. Hehehe.. kita? Aku aja kali ya? >.<

Kali ini aku mau nulis dengan bahasa yang tidak terlalu formal atau tidak terlalu mengikuti kaidah kepenulisan yang sesuai dengan KBBI. Gapapa ya.

Sebelumnya yuk baca beberapa tulisanku tentang manfaat menulis dan ngeblog. Klik link di bawah ini ya.




Sebenarnya banyak sekali manfaat ngeblog ini, awalnya sih aku buat healing. Pernah dengar writing is self healing? Ya, menulis itu bisa jadi sarana untuk penyembuhan diri sendiri. Tapi ternyata bukan hanya itu. Melalui menulis aku merasakan banyak pengalaman baru. Misalnya bisa menginjakkan kaki ke studio radio RRI medan >> numpang-nampang-di-radio-rri-pro-2-medan << dan ngerasain rasanya diwawancarai buat acara DAAI TV. Hingga hampir mengantarkanku ke Jakarta karena menjuarai lomba literasi keluarga. tapi karena alasan keluarga, aku memilih untuk gak pergi ke Jakarta. Semoga next bakal ada kesempatan kedua untukku.

Aku yakin, bukan hanya aku. Kalian pun bisa lebih baik dari yang sudah aku raih saat ini. Kalaupun belum, yakinlah ngeblog sangat banyak manfaatnya. Uups... openingnya kepanjangan kayaknya ya. Ya sudah, kita langsung aja belajar bikin blog yuk. Oh ya yang kupakai adalah platfoam blogspot ya. Soalnya kalau Wordpress menurutku agak lebih sulit.


Nah, jika sudah selesai kamu bisa mulai menulis artikel yang kamu inginkan. Dengan cara :
1. Klik POSTINGAN (di bagian samping) > BUAT POSTINGAN BARU (letaknya dibagian bawah)
2. tulis JUDUL di bagian JUDUL POSTINGAN dan isi artikel di bagian bawahnya
3. Silakan tulis yang ingin kamu tulis. Jika ingin menambahkan gambar silakan pilih ICON foto.
4. Jangan klik HTML ya, nanti kamu akan bingung karena isinya code-code. Jadi tetaplah berada di COMPOSE
5. Untuk mengubah huruf dan lainnya kamu bisa gunakan icon-icon yang berada di bagian atas. 
6. Jika sudah selesai menulis kamu bisa pilih setelan entry (tapi kalau untuk pemula) bisa kamu abaikan.
7. Selanjutkan bisa kamu pilih PUBLIKASIKAN jika tulisan kamu mau ditampilkan di blog. Tapi bisa juga klik SIMPAN saja, tulisanmu akan tetap jadi draf yang dak akan muncul di blog.
8. Jika sudah terpublis tullisanmua akan muncul di blog. Kami bisa klik lihat untuk melihatnya di blogmu.

Gimana sulit gak? Kelihatannya memang cukup sulit tapi jika kamu berusaha belajar insyaAllah ini akan mudah. kalau sudah selesai tahap ini. Kamu bisa lanjut ke tahap lainnya seperti mengubah template, tat letak, memasukkan link dan lainnya. 

Tapi karena ini judulnya hanya turorial membuat blog. Akan kita bahas di artikel lain ya untuk tahapan selanjutnya. SO... HAPPY WRITING. HAPPY NGEBLOG semua. ^^

Jika ada pertanyaan kamu bisa klik icon WA di blog ini or tinggalan komentar di artikel ini. InsyaAllah akan aku jawab.

1 comment:

  1. Jangan malu membagi ilmu dan manfaat. 2 tahun menjadi blogger berarti sudah banyak mengetahui seluk-beluk menjadi blogger. APalagi rajin ikut grip dan komunitas blogger.

    ReplyDelete

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akunnya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)

Popular