Tuesday, 26 November 2019

# Home Education # Traveling Ala AuRa

AIR TERJUN LEMBAH ANAI SANG IKON PARIWISATA SUMBAR


Kalau berkunjung ke Sumatra Barat, tidak lengkap rasanya jika tidak melihat salah satu icon dari pariwisata di sumbar ini yaitu air terjun lembah Anai. Begitupun saat kami berkunjung ke Bukittinggi, sengaja untuk ke sini untuk kembali ke payakumbuh. Memang jadinya melewati rute yang sedikit lebih jauh. Tapi semua terbayar lunas. Bukan hanya air terjun yang mempesona. Namun, perjalanan menuju kesanapun tidak kalah indahnya.

Cuaca yang sejuk dengan kabutnya. Air sungai mengalir sepanjang jalan. Terlihat juga beberapa jembatan kereta api. Karena memang dulunya kawasan ini sempat dilintasi jalur kereta api yang menghubungkan padang dan sawalunto untuk keperluan pengangkutan batubara.

Dikelilingi dengan perpohonan dan jalan yang menanjak dan menurun yang cukup butuh skill menyetir yang tinggi. Di tepi jalan seringkali terlihat beberapa monyet duduk. Membuat perjalanan panjang tidak membosankan. Anak-anakpun biasanya mabuk jika sudah ketemu jalan berliku, kemarin terlihat tetap ceria. Sembari kami masukkan nilai-nilai akidah, bahwa begitu indah ciptaan Allah itu.


Air tejun Lembah Anai ini terletak di Nagari Singgalang, Kec. Sepuluh Kotio, Kab. Tanah Datar, Sumatra Barat. Air Terjun ini berasal dari air yang mengalir menusuri hutan Gunung Singgalang yang menyusuri perbukitan menuju lereng dan akhirnya terjun ke dasar lembah Anai. Air terjun Lembah Anai ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter.

Untuk masuk ke sini, kami dikenakan tiket Rp 3.000 perorang. Sedangkan untuk parkir mobil kami menumpang di warung-warung pinggir jalan secara free. Tapi karena merasa kurang nyaman, kami akhirnya memutuskan untuk membeli minuman di warung tersebut.

Rasanya ingin nyebur dan main air di sana karena airnya begitu jernih dan bersih. Tapi sayangnya kami tidak bawa baju ganti dan juga kami keburu waktu karena saat itu sudah cukup sore yang memang mengharuskan kami untuk kembali ke payakumbuh sebelum malam tiba. Selain itu juga cukup malu karena letaknya yang berada di tepi jalan raya. Tidak ada pondok-pondok di sana atau sekedar tempat menggelar tikar. Jadi memang kurang memungkinkan untuk berlama-lama di sana.

Pada musim liburan air terjun Lembah Anai ini akan didatangi banyak orang, Tapi bersyukurnya kami ke sana tidak musim libur, jadi cukup sepi untuk bisa menikmati air terjun dengan tenang dan juga berfoto untuk mengabadikan perjalanan kami berkeliling Sumatra Barat.


Yang membuat Air Terjun Lembah Anai ini spesial dan menjadi salah satu ikon pariwisata Sumatra Barat ini. Karena Air terjun ini aksesnya sangat mudah karena berada di tepi jalan raya Bukittinggi-Padang. Selain itu air terjun ini berada di Kawasan Cagar Alam Lemba Anai.

Disarankan jika ingin berkunjung ke sini ketika musim kemarau karena jika hujan lebat, debit air terjun meluap ke jalan raya dan itu bisa menyebabkan banjir dan bahaya bagi pengendara. Terutama bagi yang baru perdana melewati jalur ini.


Gimana tertarik buat berkunjung? Jika ke Padang, sempatkan berkunjung ke air terjun Lembah Anai ini. Terus lanjut ke bukittinggi dan daera lain yang ada di Sumatra Barat ini. Beneran gak bakal rugi. Banyak tujuan wisata yang indah. Kamipun berencana akan mengeskplorasi keindahan wisata di Sumatra Barat lainnya.




11 comments:

  1. Alhamdulillah sudah melihat air terjun Lembah Anai ini saat akan ke Bukittinggi. Tapi hanya dari dalam bis, sih. Padahal pengen mencoba segarnya air di sana. Ternyata jadi ikon, ya, dan ternyata bisa dikunjungi secara langsung. Saya kira hanya tempat lewat saja

    ReplyDelete
  2. Selain indah, tiket masuk lembah Anai juga murah ya kak. Cocok untuk refreshing keluarga tipis-tipis

    ReplyDelete
  3. Nyesel dan nyesek pas lewat Air Terjun Lembah Anai pas sudah gelap. Jadi batal mampir pun enggak bisa melihat dari jalan raya waktu melintasinya. Memang pariwisata Sumbar keren ya...Saya 4 hari eksplor ke sana rasanya masih kurang saja :)

    ReplyDelete
  4. senangnyaaaaaaa... berkelana di blog2 kawan saja berasa sudah berkelana betulan. semoga suatu kali saya bisa ganti berbagi cerita pengelanaan ke sumatra barat.

    ReplyDelete
  5. Bagaimana, tertarik ke air terjun lembah Anai?
    Sangat tertarik Mbak Dyah hahaha. Apalagi ini bagus sekali dan tiketnya terjangkau sekali.
    Yang saya suka, ini di dekat tepi jalan, jadi tidak terlalu jauh jalan. Biasanya kan, banyak air terjun bagus, hanya aksesnya masih sulit. Ini bagus sekali Mbak. Sangat memudahkan orang , khususnya yang tidak ABG lagi kayak saya hahaha.

    ReplyDelete
  6. wuah iya, ini lembah anai memang terkenal banget.
    aku ya pengen ke sana
    sejuk
    gak akan turun untuk renang juga sih, tapi pengennya foto2 terus ngobrol2 sambil piknik dgn kesayangan

    ReplyDelete
  7. Bagus banget ya mbak pemandangannya. Luar biasa, jadi sekalian mengajarkan anak anak buat mengenal ciptaan Allah juga ya

    ReplyDelete
  8. Wow bagus yaa, sayang dari dulu belum kesampaian nih ke Pulau Sumatera termasuk ke Medan jg belum, apalagi kesini ga tau malah ada air terjun cantik

    ReplyDelete
  9. tiketnya murah, tempat bagus, perjalanan asyik. Kurang enak bagaimana coba kalau udah liburan kek begini. Aku sih bakalan ngajak orang-orang buat kesana menikmati keindahan alamnya

    ReplyDelete
  10. Tempat wisata alam favorit aku ini adalah pesona air terjun, suka banget karena memang memberikan keindahan dan juga aroma sejuknya udara disana. Apalagi yang daerah Sumbar ini, jadi kepengen bisa kesini kelak.

    ReplyDelete
  11. Wuih, jadi mupeng buat kesana ajak suami. Saya pernah ke Padang, tapi cuma sekadar lewat aja sih mbak, gak mampir ke Lembah Anai, belum kesampaian sampai sekarang

    ReplyDelete

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akunnya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)

Popular