Saturday, 2 November 2019

# Health

SEHATQ - ASISTEN KESEHATAN KELUARGA DALAM GENGGAMAN


Cuaca Pekanbaru saat ini sedang ekstrim. Saat siang cuacanya begitu terang dan panas menyengat, tapi sore hingga subuh lebih sering turun hujan dan terasa dingin. Karenanya beberapa hari kemarin hampir sekujur badan saya terasa gatal-gatal. Pas saya cek, muncul ruam seperti biduran. Panik donk? Tentu saja. Selain gatal, dengan cuaca panas saat itu membuat kulit saya juga terasa terbakar.

Langsung saja saya kirim pesan WhatsApp ke suami. Sayangnya beliau cukup sibuk hari itu sehingga tidak bisa pulang cepat. Bingung sekali rasanya. Bersyukur saya teringat dengan SehatQ salah satu aplikasi kesehatan yang kemarin saya temukan infonya dari salah satu  postingan instagram. Melalui aplikasi SehatQ yang sudah saya download sebelumnya, saya bisa langsung meminta pertolongan pertama.


💗💗 PERTOLONGAN PERTAMA BIDURAN DENGAN SEHATQ

Pertama-tama langsung saja saya buka aplikasi SehatQ. Lanjut pilih fitur chat dokter yang merupakan salah satu fitur andalan dari aplikasi SehatQ yang bisa digunakan untuk konsultasi langsung dengan dokter terpecaya secara GRATIS.




Kemudian yang harus saya lakukan terlebih dahulu sebelum memulai konsultasi adalah melakukan pendaftaran konsultasi online dengan memberikan informasi tentang keluhan (penyakit), identitas (nama, jenis kelamin, tinggi dan berat badan) serta informasi tambahan seperti yang tertera di bawah ini. Jika sudah diisi dengan lengkap, langsung saja klik mulai konsultasi.


Saya langsung disambungkan dengan dr. Zulham Effendy untuk berkonsultasi. Kerennya kita tidak perlu menunggu lama untuk mendapat balasan dari dokternya (bisa dilihat keterangan waktu saya dan dr. Zulham chat di bawah ini). Dokternya sangat interaktif dan tanggap serta mau menjelaskan secara detail tentang kondisi yang saya alami. Maklum seringkali kalau konsultasi secara tatap muka ke dokter rada susah buat tanya-tanya begini, apalagi kalau antriannya panjang. 

Tapi melalui fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi SehatQ kamu bisa lebih leluasa bertanya. Walaupun ada batas waktu chatnya yaitu 30 menit. Tapi bagi saya 30 menit buat konsultasi itu sudah lebih dari cukup apalagi jika dokternya sudah menjelaskan dengan detail setiap pertanyaan yang saya ajukan.

Kata dokter Zulham, biduran itu adalah reaksi kulit berupa bentol kemerahan yang gatal. Biduran ini disebabkan oleh histamin (zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel di dalam tubuh) itu terlepas ke luar (kulit) ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi.  Pemicunya bisa berbagai hal seperti :
  • Kondisi alergi (makanan, obat-obatan, atau lainnya)
  • Cuaca (panas maupun dingin)
  • Stress
  • Gigitan serangga atau parasit

Biduran ini dapat membaik beberapa menit hingga beberapa hari tergantung dengan kondisi tubuh penderita. Ruam yang ditimbulkan dari penyakit biduran ini terasa gatal dan terkadang terasa menusuk atau panas terbakar. Pantas saja, badan saya semua gatal-gatal ditambah cuaca panas bikin kulit terasa terbakar.


Dokter Zulham Effendy menyarankan saya untuk melakukan pertolongan pertama pada diri sendiri dengan cara :
  • Hindari stress
  • Hindari makanna pencetus alergi
  • Hindari juga kondisi panas ataupun terlalu dingin
  • Olahraga agar imunitas baik
  • Konsumsi obat antihistamin seperti loratadin
  • Bisa oleskan losion pelembang, baby oil, dan sejenisnya ke kulit kita (tidak disarankan menggunakan bedak)
  • Jika sakit berlanjut sebaiknya memeriksakan diri ke dokter

Karena saat itu saya hanya memiliki minyak zaitun, maka saya coba oleskan ke kulit dan menyalakan kipas untuk mengurangi rasa gatalnya. Malamnya sepulang pak suami dari kantor, ditanya beliau apakah mau ke dokter. Saya jawab kita ke apotik dulu untuk beli obat, karena tadi sudah konsultasi dengan dokter via aplikasi SehatQ. Sesampai di apotik, apoteker membenarkan bahwa loratadin adalah obat untuk biduran dan saya akhirnya membeli obat tersebut.


Alhamdulillah cukup 3x makan obatnya, biduran saya sudah lenyap. Yes... Jadi tidak perlu ke klinik dokter atau rumah sakit lagi. MasyaAllah, Fitur chat dokter di aplikasi SehatQ ini benar-benar menjadi asisten kesehatan terbaik dalam genggaman. Mampu memberi solusi dan pertolongan pertama sehingga kita tidak panik dan bingung saat merasakan suatu gejala penyakit. Apalagi emak-emak macam saya, beberapa kali menghadapi anak tiba-tiba panas tengah malam. Pasti bingung kan? Namun, sekarang saya bisa konsultasi online dengan dokter. Bisa langsung ke aplikasi SehatQ atau klik ini >> Tanya Dokter <<.

Eits... Tapi kalau sakit berlanjut. Kita harus tetap memeriksakan diri ke dokter secara langsung ya. Biar bisa lebih dicek kondisi kita yang sebenarnya. Apalagi kalau termasuk penyakit berat. Tidak cukup dengan konsultasi online karena harus dicek seperti tekanan darah, denyut nadi, dan cek darah, usg, rontgen, dan lainnya. Nah, tapi kami tidak perlu cemas. Untuk mempermudah kita menemukan dokter yang sesuai. Kamu bisa cari dokter dan rumah sakitnya di fitur yang ada di SehatQ atau klik ini ya >> Booking Dokter <<. Biar data kamu sudah ada di rumah sakit atau dokter tersebut jadi tidak perlu berlama-lama lagi untuk mengantri lagi deh.


💗💗 APA SIH APLIKASI SEHATQ ITU?

Sehatq adalah sebuah perusahaan rintisan (start up) SINAR MAS di bidang kesehatan. Dengan investasi dari SINAR MAS, SehatQ hadir untuk membantu kebutuhan masyarakat dalam hal kesehatan. Mulai dari pencengahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh. 


SehatQ ini baru saja mengadakan acara grand lauching pada Rabu, 25 September 2019 kemarin. Bertempat di Sinarmas Land Plaza, Jakarta Pusat. Namun, aplikasinya di Google Play Store sudah  didownload lebih dari 5000 pengguna dan dengan nilai 4,8 ☆ dari 396 ulasan loh.

Kebutuhan yang berbeda pada setiap individu yang bergantung kepada riwayat keluarga, tempat beraktivitas dan kondisi individu tersebut. Membuat Tim SehatQ menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel (dapat dipercaya), menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan individu. Semua itu bisa dengan mudah kita dapatkan dengan mengakses web >> SehatQ.com << atau melalui aplikasi SehatQ yang bisa dengan mudah kita dapatkan di Google Play Store atau Apple Store melalui gawai yang kita miliki.

💗💗 FITUR APA SAJA DI APLIKASI SEHATQ?

Dalam satu aplikasi SehatQ kamu bisa menemukan banyak sekali informasi tentang kesehatan dengan hanya klik-klik saja. Ada 8 fitur yang bisa kita dapatkan di aplikasi SehatQ ini. Apa saja itu?



1. FITUR OBAT

Fitur obat ini akan memberikan informasi mengenai obat-obatan medis. Mulai dari Golongan obatnya, HET (harga), Kemasan, Produsen, Deskripsi obat, Indikasi (manfaat) obat, Komposisi obat, Dosis obat, Aturan pakai obat, Efek samping obat, kontradiksi (jangan dikonsumsi pada kondisi), Perhatian khusus, hingga refrensinya. Lengkap sekali bukan?


2. FITUR ARTIKEL

Dalam Fitur artikel ini, kita akan menemukan ratusan artikel tentang kesehatan yang terbagi menjadi 14 kategori lho. Jadi kamu selain bisa menambah ilmu kamu tentang dunia kesehatan, ini bisa juga digunakan untuk menambah ilmu di dunia parenting juga dan yang pasti anti HOAX ya.


3. FITUR DOKTER


Fitur dokter ini mempunyai total 11.501 dokter dari berbagai spesialis keilmuan. Setidaknya ada 28 kategori yang bisa kamu pilih di sini. Mulai dari dokter yang berada di rumah sakit terdekat yang berada di kotamu hingga rumah sakit di kota lain. Karena saya saat ini berdomisili di Pekanbaru maka secara otomatis sistem memberikan informasi dokter yang berada di kota Pekanbaru.

Kamu tinggal pilih dokter yang ingin kamu kunjungi. Maka akan muncul informasi profil, fasilitas kesehatan (tempat praktik dokter), dan jadwal praktik dokter tersebut. Selanjutnya kamu bisa langsung klik Booking Dokter. Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa membooking dokter melalui web, klik di sini >> Booking Dokter <<. Jadi kamu tidak perlu berlama-lama mengantri di rumah sakit ataupun klinik dokter tersebut.


4. FITUR RUMAH SAKIT 

Untuk fitur rumah sakit sendiri, kamu bisa menemukan total 2349 fasilitas kesehatan dan untuk yang pertama ditampilkan adalah fasilitas kesehatan terdekat dengan domisilimu. Tidak hanya rumah sakit, dalam fitur ini disediakan informasi Fasilitas Kesehatan lain seperti klinik, klinik kulit dan kecantikan, puskesmas, klinik gigi, dan juga laboratorium. Untuk melihat fitur ini di web SehatQ kamu bisa klik ini >> Rumah Sakit Terdekat <<.


5. FITUR PENYAKIT

Dalam fitur penyakit ini, berisikan informasi daftar penyakit dalam setidaknya terbagi dalam 14 kategori. Yang bisa kamu pilih sesuai dengan penyakit yang ingin kamu ketahui. Maka kamu akan mendapatkan informasi tentang penyakit tersebut seperti pengertiannya, gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, pencegahan, kapan kamu harus berkonsultasi dengan dokter, dan apa yang perlu kamu persiapkan sebelum berkonsultasi dengan dokter.



 
6. FITUR CHAT DOKTER

Fitur chat dokter adalah salah satu fitua andalan yang ada di aplikasi SehatQ. Fitur ini juga yang menjadi pertolongan pertamaku saat kemarin kena biduran (cerita di atas). Fitur ini sangat membantu kamu saat keadaan darurat namun kamu belum bisa konsultasi ke dokter secara langsung (tatap muka). Jangan khawatir, dokter di fitur ini kredibel dan tanggap terhadap keluhan kita.


7. FITUR PROMO

Dalam fitur promo ini, kamu dapat menemukan promo-promo kesehatan mulai dari medical chech up, perawatan, dan pencegahan dari fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan SehatQ.


8. FITUR  ACARA

Jika kamu ingin tahu informasi tentang acara kesehatan baik itu seminar, penyuluhan, olahraga dan lainnya maka sangat disarankan kamu mencari info tersebut ke fitur acara ini. Seperti salah satunya info lomba SehatQ Blog Competition 2019.


Jadi sekarang bagaimana pendapatmu tentang aplikasi SehatQ ini? Keren bukan? Ayo segera download aplikasinya di Google Play Store atau Apple Store, buat akun dan lengkapi datanya. Selanjutnya manfaatkan semua fitur di SehatQ dan jadikan SehatQ sebagai asisten keluarga dalam genggamanmu.





Artikel ini diikutsertakan dalam SehatQ Blog Competition 2019.
Semua foto dan gambar karya dari www.roemahaura.com






72 comments:

  1. wahhh mantep juga ya kak, gratis pula lagi. syafakillah cpt smbuh kak dyaaah <3

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah lengkap kali aplikasi sehatQ ini ya kak.
    Trus hemat banget jadinya karena gak perlu ke dokter atau rumah sakit, kalo pun harus ketemu dokter ada promo juga ya kak..

    sehat2lah ya kita semua. Cuaca memang lagi ekstrim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, Lengkap kan aplikasi SehatQ ini. Kita butuh asistem kesehatan seperti ini di cuaca ekstrim kayak sekarang.

      Delete
    2. iya bener. lengkap ya... untuk orang yang males ke dokter or klinik dan sebangsanya, aplikasi kek gini sangat membantu.

      Delete
    3. Sebenernya ini fitur chat ini memang solusi buat pertolongan pertama saat kita or keluarga sakit. Namun, jika memang diperlukan untuk cek dokter, tetap harus ke dokter sih.

      Delete
  3. Syafakillah dyah...leren nihbfitur kesehatannya. No panic dimanapun berada ya kan...kadang pasien2 kk suka konsul masalah kesehatan di luar gigi yang so pasti nggk semua bisa dijawab. Dengan adanya fitur kayak gini kayaknya pas banget buat mereka. Btw...semoga menangvya dyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau fitur dokter ini kan dokternya emang kerjanya buat menangani konsultasi pasien by online. Lah kalau kyk kk, mesti ngerjain pasien yang langsung datang ke klinik, gak sempatlah buat balas chat cepat. Inilah enaknya SehatQ. Bisa jadi salah satu solusi saat keadaan darurat

      Delete
  4. Keren kak. Kalau udah berhasil sembuh setelah konsultasi di SEHATQ berarti enggak perlu ke klinik dokter lagi ya. Menarik nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak, Tapi kalau sakitnya masih lanjut tetap harus memriksakan diri ke dokter. Tentunya bisa juga kita pake aplikasi SehatQ, tinggal klik fitur dokter aja.

      Delete
  5. Semua lengkap aplikasi di fitur sehatQu paling suka konsultasi dengan dokter ready bngt lo mba aku dh nyoba

    ReplyDelete
  6. Praktis bangeeet, ya, Mak 😍 gak perlu keluar rumah eh bisa konsul gratis di sehatQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. So pasti mak, KIta manfaatkan kemajuan dunia digital untuk mempermudah urusan kita terutama disaat darurat seperti aku kemarin.

      Delete
  7. Benar sekali, Mbak Dyah. Saat ini cuaca lagi ekstrim. jadi harus sangat jaga kesehatan. kakak saya juga sekarang kena biduran.
    Dan ini aplikasinya keren ya, Mbak. Jadi ingin konsultasi dengan dokter bisa cepat, dan bisa langsung menangani penyakit. Segera saya instal nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, mesti minum vitamin juga buat menambah daya imut kita. Wah, cuss download aplikasi juga ni pak bambang.

      Delete
  8. Baru denger nih tentang aplikasi ini. Enak juga ya, kalau semua info rumah sakit dan dokter ada di direktori. Kadang kalau sedang liburan lalu sakit, repot juga cari2 info ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalau liburan kadang kita kan gak tahu dokter di sana. fitur dokter dan rumahsakit di SehatQku pasti sangat membantu sekali.

      Delete
  9. Aku baru tahu nih mengenai aplikasi SEHATQ ini. Eh, ini kan didownload di Playstore, ya? Berbayar nggak sih, Mbak? Berarti kita juga bebas ya kalau mau konsul sama dokter spesialis? Dibandingkan konsul di RS yang kadang buru-buru, chat 30 menit tuh bisa banget bertanya banyak hal, ya.

    ReplyDelete
  10. Masyaallah tabarakallah bu Dyah infonya cocok aplikasi ini buat emak hobi ngetem dirumah kayak saya.. Tapi kudu ganti HP yang memorinya gede ini buat donlot secara yg skrg dah full.. Mudah mudahan segera insyaallah Tqu ya buuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah, semoga dipermudah. Tapi tenang kapasitas aplikasinya ringan kok kk.

      Delete
  11. Aku juga udah instal aplikasi sehatq mba. Senang banget jadi memudahkan pas mau periksa kesehatan karena informasinya lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mantap nih mbak. Iya mbak, membantu banget ya aplikasi SehatQ ini.

      Delete
  12. dengan kemajuan teknologi kita ga perlu takut untuk bertanya atau konsultasi kan sudah ada sehatq tempatnya asisten kesehatan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, mari kita memanfaatkan kemanjuan teknologi untuk kebaikan.

      Delete
  13. Enaknya punya aplikasi kesehatan yang kaya sehatQ itu bisa berobat dimanapun kapanpun sakit apa pun. Bisa dibilang sehatQ menjadi pertolongan pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, Sehatq bisa jadi pertolongan pertama agar kita tidak panik saat merasakan gejala suatu penyakit apalagi saat kondisi belum memungkinkan untuk ke rumah sakit.

      Delete
  14. aplikasinya cukup lengkap ya mba, meski belum bisa beli obat tapi udah bisa chat, booking dan cari tahu tentang obat2an juga. artikel kesehatannya pun lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener banget mbak. DAn dari chat kita bisa tahu obat apa yang tepat untuk pertolongan pertama yang harus kita minum

      Delete
  15. Perlu banget aplikasi SehatQu ini. Secara lg punya anak kecil yg daya tahan tubuhnya blm sempurna kayak kita org dewasa. Trus didukung cuaca ekstrem dan ngantre di DSA langganan lamanya bs total sampe di rmh lg pk. 11 mlm. Jd SehatQu ini helpful sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, cukup membantu terutama untuk mendapat pertolongan pertama. Baik ari chat maupun baca artikelnya yang ada di SehatQ ini.

      Delete
  16. Dengan adanya Sehatq, berasa jadi punya asisten kesehatan pribadi. Fiturnya komplit banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. PAke banget mbak, makanya aku download. Yuk download juga aplikasi SehatQnya juga. ^^

      Delete
  17. aku langsung pasang aplikasi SehatQ ini. kayaknya praktis dan membantu banget ya.

    ReplyDelete
  18. Wah, fiturnya komplit dan menawan banget, Mbak. Saya suka informasi kesehatan jika sedang terkena masalah kesehatan. Kalau diberi obat juga langsung googling agar yakin. Jadi pengen download juga, nih. Apa bisa dipakai di Jepara yang notabene kota terpinggirkan gini, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa donk mbak, insyaAllah semakin lama jaringan SehatQ untuk dokter dan rumah sakit pasti akan lebih tersebar. Kalau aplikasi dimanapun bisa dipakai.

      Delete
  19. Bener-bener sekarang serba canggih. Konsultasi dokter sekarang bisa via online. Mantapp deh

    ReplyDelete
  20. perlu juga ya ternyata punya aplikasi ini. daripada bertanya di status sosial media ketika ada yang sakit, lebih baik bertanya langsung ke dokternya

    ReplyDelete
  21. Sekarang konsultasi dengan dokter nggak mesti ribet, apalagi menunggu bahkan antri.
    Hanya lewat aplikasi SEHATQ lewat smarphone aja.
    Zaman era digital mempermudah kita untuk mendapatkan penanganan langsung oleh ahli nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener banget. Kadang suka kasian terutama anak-anak. Sudah sakit eh lama pula ngantri di klinik dokternya.

      Delete
  22. Daku tertarik sama fitur artikel nya, karena banyak informasi kesehatan yang ingin daku ketahui kebenarannya dan yang pasti bukan hoax

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, insyaAllah artikel di SehatQ lebih terpecaya dan bisa dipertanggungjawabkan

      Delete
  23. Wah SehatQ komplit bener yaaak. Ada fitur obat, dokter, artikel, penyakit, rumah sakit, chat dokter...beneren memang SehatQ bisa jadi asisten kesehatan dalam genggaman

    ReplyDelete
  24. Aplikasi yang bisa diandalkan nih apalagi pas ada yang sakit di rumah, langsung deh chat dokter di aplikasi ini, suka deh sma aplikasi Sehatq.

    ReplyDelete
  25. Sekarang di era digital, semuanya dimudahkan. Termasuk urusan kesehatan. SehatQ ini aplikasi keren dan banyak fitur2 yang bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, Manfaatkan hal yang positif dari kemajuan teknologi untuk membuat kehidupan kita jauh lebih baik.

      Delete
  26. Saya sekarang kalau booking dokter (gigi) anak2 juga makai sehatq ini mbak soalnya aplikasi bawaan RS suka error.
    Zaman skrng enak ya buat ibu2 utk tahu info kesehatan khususnya kesehatan anak bisa baca infonya di sehatq. Bisa nanya2 dokter pula kalau misalnya mau rekomen perawatan buat anak dan keluarga lainya :D

    ReplyDelete
  27. Lengkap banget fiturnya. Dengan aplikasi ini bisa benar-benar membantu kita, apalagi buat emak-emak yang punya anak kecil yang biasanya butuh banget pertolongan pertama buat kondisi kesehatan anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, makanya aku download eh ternyata malah kepake buat umminya dulu. ^^

      Delete
  28. Ternyata mudah sekali memakai aplikasi sehatQ, baru tau saya ada aplikasi sekeren ini :)

    ReplyDelete
  29. Wah dijaman internet kaya sekarang smua jadi lebih mudah ya sangat membantu nih aplikasi kesehatan mantapp sekalii cuz download

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren nih, iya mbak download ini jadi manfaatin internet untuk hal yang positif ya mbak

      Delete
  30. Wahhh
    Beneran zaman digital kita nih hehe,
    Dari sekian fitur kok salfok sama fitur dokter,
    Ya kalii Kan bisa milih dokter yg masih single, eh woi ini mau berobat atau cari jodoh wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk... bisa jadi. Tapi kulihat rata-rata dah tua semua una ^^

      Delete
  31. Berasa punya dokter pribadi ya..

    Era digital bikin smua jadi mudah, termasuk untuk kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangetmbak, tapi kan kalau kita punya dokter pribadi kan lumayan. Tapi kalau chat dari SehatQ kan gratis. Xixixi... prinsip emak-emak

      Delete
  32. Wah mantul sekali aplikasinya kk. Fiturnya lengkap dan sangat memudahkan.apalagi ni aplikasi tentang kesehatan. Jadi pasti banyak orang yg sudah terbantu dan dimudahkan dengan aplikasi sehatQ ini.

    ReplyDelete
  33. Duh lengkap banget ya, mbak ini fiturnya. mana bisa sekalian booking dokternya juga. membantu banget ini pastinya buat para orang tua biar nggak cepat panik kalau anak sakit

    ReplyDelete
  34. Wah,, bagus banget kak aplikasinya. Nggak perlu repot2 ke dokter lagi untuk penanganan penyakit di awal. Langsung chat ke dokternya melalui hape.

    ReplyDelete
  35. Wah aplikasinya lengkap yaaa. Segala hal tentang kesehatan ada di sana, apalagi bisa chat sama dokternya utk konsultasi dan nanya2. Artikel2 yang bisa dibaca di sana jg bagus2 dan bisa dipertanggungjawabkan bukan hoax.

    ReplyDelete
  36. dengan aplikasi sehatq, awak yang rumahnya jauh dari rs jadi gk khawatir kalau sakit. tfs kak di .

    ReplyDelete
  37. Wuah, akhirnya saya tahu juga apa sih kegunaan apikasi sehat Q. Terima kasih Kak

    ReplyDelete
  38. Jadi sekarang kalau mau konsiltasi mudah banget ya Mbak. Bisa lewat aplikasi SehatQ. Baca ulasan ini ku langsung tertarik juga mau donwload aplikasi SehatQ yang tentunya bakal bermanfaat sekali dalam hal menjaga kesehatan keluarga.

    ReplyDelete
  39. Satu aplikasi bisa bermanfaat untuk semua kebutuhan kesehatan kitga, aku pernah cobain fitur chat dokter dan itu responsive banget langsung dibalas

    ReplyDelete

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akunnya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)

Popular