Friday, 11 October 2019

# Home Education # Parenting

PEMANFAATAN DANA ZAKAT UNTUK PEMBERDAYAAN SOSIAL, EKONOMI, PENDIDIKAN DAN KESEHATAN


Zakat menurut bahasa, berarti pengembangan dan pensucian. Harta yang kita miliki tanpa disadari akan berkembang melalui zakat yang kita keluarkan. Zakat juga mampu membersikan dan menyucikan dosa-dosa kita. Sedangkan hukumnya wajib bagi muslim dan muslimah yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Syarat-syarat  tersebut sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Bersama dengan bahasan mengenai jenis-jenis zakat, manfaat berzakat serta pengalaman berzakat kami. Baca di sini >> pengalaman-berzakat-online <<.

Secara garis besar dana zakat yang diberikan oleh muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) sangatlah bermanfaat untuk membantu umat dan memajukan bangsa.

Berdasarkan QS. At Taubah ayat 60 ada 8 golongan yang berhak menerima dana zakat ini (mustahik), yaitu :

1. Fakir > orang yang hampir tidak mempunyai apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup mereka.
2. Miskin > Orang yang mempunyai harta dan pekerjaan namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan utama mereka.
3. Amil > Orang yang menghimpun, mengelolah dan mendistribusikan zakat.
4. Mu'allaf > orang yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menguatkannya dalam memilih Islam.
5. Budak > hamba sahaya yang ingin memerdekakan dirinya.
6. Gharimin > orang yang mempunyai hutang yang digunakan untuk memnuhi kebutuhan dan mempertahankan agamanya namun tidak memiliki kemampuan untuk membayar hutang tersebut.
7. Fisabilillah > Orang yang berjuang di jalan Allah dalam kegiatan dakwah, jihad, dan lainnya.
8. Ibnus Sabil > orang yang sedang melakukan perjalanan di jalan Allah namun kehabisan dana.

Memang tidak mengapa jika zakat yang kita keluarkan, kita berikan langsung kepada orang-orang yang memang termasuk ke dalam delapan golongan yang berhak menjadi penerima zakat di atas.  Namun, alangkah jauh lebih baiknya jika zakat yang dikeluarkan tersebut kita berikan ke badan pengelolah zakat. Agar zakat tersebut bisa dikelolah lebih baik dan bisa tepat tujuan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.14 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat (untuk lebih detail silakan klik >> peraturan.bpk.go.id <<).

Pengelolaan Zakat adalah kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengoordinasian dalam pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat. Lembaga Nasional yang melakukan pengelolaan Zakat tersebut adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Sedangkan Lembaga Amil Zakat (LAZ) adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat yang memiliki tugas  membantu pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat.


PEMANFAATAN DANA ZAKAT OLEH BAZNAS

Dalam rangka meningkatkan manfaat zakat sebagai sarana untuk membantu umat dan memajukan bangsa, BAZNAS melalui program Layanan Aktif BAZNAS (LAB) sebagai program khusus divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat (DPP), hadir menyalurkan dan memberdayakan dana zakat di bidang sosial, ekonomi dan dakwah. Agar zakat tersebut dapat tepat sasaran, tepat guna (cepat) dan tepat penanganan.

Pemberdayagunaan zakat itu terwujud dalam program-program nyata yang dilakukan oleh BAZNAS yang diambil dari sumber >> baznas.go.id <<, antara lain :

💢 BIDANG EKONOMI

1. Zakat Community Development (ZCD)
Program pemberdayaan BAZNAS melalui komunitas dan desa dengan mengintegrasikan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan secara komprehensif yang sumber pendanaannya dari zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya.

2. Microfinance BAZNAS
Lembaga bantuan pembiayaan produktif kepada mustahik dengan prinsip non for profit dalam rangka pengembangan usaha.

3. Pemberdayaan Ekonomi 
Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) merupakan salah satu lembaga yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) berdasarkan keputusan Ketua BAZNAS Nomor 18 Tahun 2018 tanggal 29 Maret 2018 yang memiliki tugas dan fungsi untuk meningkatkan kualitas kehidupan dhuafa (mustahik) melalui pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, perkebunan dan kehutanan yang berkelanjutan berdasarkan nilai-nilai pemberdayaan zakat dan menjadi salah satu elemen dasar untuk memenuhi visi BAZNAS.

BAZNAS dampingi kegiatan panen masa tanam kedua kelompok tani mustahik sari alam (sumber gambar : lpem.baznas.go.id)
4. Pemberdayaan Peternak
Lembaga program untuk menjalankan fungsi produksi ternak, pemasaran, dan pendampingan kelembagaan peternak.

💢 BIDANG SOSIAL

1. Layanan Aktif BAZNAS (LAB)
Program layanan darurat sosial untuk mustahik dengan model penanganan tepat sasaran, tepat waktu (cepat) dan tepat penanganan. Program ini untuk melayani mustahik dalam keadaan darurat.

2. BAZNAS Tanggap Bencana (BTB)
Unit kerja dari bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS yang bertugas mengurangi dampak bencana yang mengakibatkan kemiskinan dan menekan risiko keterparahan kemiskinan akibat bencana.

3. Rumah Sehat BAZNAS
program yang mewakili BAZNAS dalam pelayanan kesehatan secara terpadu kepada seluruh mustahik termasuk pelayanan kesehatan di daerah bencana yang meliputi aspek kuratif, preventif, rehabilitatif, promotif dan advokatif seta mengikuti peraturan dan perundang-Undangan kesehatan di Republik Indonesia.
Peta sebaran rumah sehat baznas (Sumber gambar baznas.go.id)
4. Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB)
Sekolah bebas biaya dan berasrama bagi dhuafa untuk putra-putri Indonesia. Sekolah Cendekia BAZNAS terdiri dari SMP Cendekia BAZNAS dan Sekolah Tahfidz BAZNAS.

5. Lembaga Beasiswa BAZNAS

💢 BIDANG DAKWAH DAN ADVOKASI

1. Mualaf Center BAZNAS (MCB)
program yang bertugas melakukan pembinaan dan pendampingan kepada mualaf sesuai tuntutan syariat Islam agar menjadi muslim dan muslimah Kaffah

2. Pusat Kajian Strategis BAZNAS
Pusat kajian strategis ini berfungsi sebagai pusat penyebaran pengetahuan dan keunggulan inteletual sehingga dapat menjadi elemen dasar untuk memenuhi visi BAZNAS.

Dengan adanya program-program dari BAZNAS ini. Zakat yang diberikan oleh muzzaki bisa dimanfaatkan dengan tepat sasaran, tepat guna (cepat) dan tepat penanganan.

PEMANFAATAN DANA ZAKAT OLEH LEMBAGA AMIL ZAKAT (YAYASAN ASKAR RAMADHAN)

Sejalan dengan program-program yang dilakukan BAZNAS. Lembaga Amil Zakat tempat kami menyetorkan zakat yaitu YAYASAN ASKAR RAMADHAN dengan Legalitas SK. KemenKumHam AHU-0029527. AH. 01. 04. th. 2015. 07 Desember 2015. Yayasan yang diketuai oleh Bapak Rahmat Zainudin ini beralamat di Griya Askar, Jln. Pagesangan Asri III/21 , Surabaya. Yayasan Akskar Ramadhan juga memiliki program-program dalam memanfaatkan dana zakat. Program-program tersebut antara lain :

Sumber gambar : FB. Askar Ramadhan

💢 ASKAR DAKWAH PENDIDIKAN
 
1. Askar Qur'an
Askar qur'an adalah salah satu produk Askar dakwah pendidikan yang berikhiar dalam memberantas buta huruf Al-Qur'an. Hal ini didasari oleh data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 yang menyebutkan ada sekitar 54% dari toral populasi umat Islam di Indonesia yang tiada bisa membaca Alquran.

Sejauh ini sudah ada 13 wilayah binaan Askar Qur'an ini. Kegiatan Askar Qur'an ini tiap wilayah berbeda kurikulumnya. Namun rata-rata kurikulum tetap terdiri dari : Tajwid, Tahsin, Tahfidz, Halaqah (tentang Tauhid,Fikih, Adab), serta Bahasa Arab.
Wilayah binaan Askar Qur'an (sumber gambar : fb Askar Da'wah Pendidikan)
2. Ma'had Askar Ilmi
Program Ma'had Askar Ilmi hampir mirip dengan program dari Askar Qur'an hanya saja program ini mempunyai kurikulum dan lebih tertarget. 

Seperti contohnya kegiatan belajar-mengajar adik-adik binaan Ma'had Askar Ilmi di Kampung Timur Pasar, Desa Socah, Kec. Socah, Kab. Bangkalan-Jawa Timur ini. Mereka belajar tentang Tahsin, Tahfizh Qur'an ditambah dengan Fiqh dan Adab


3. Shohib Muslim
Program ini merupakan sayap dakwah yang baru dilaksanakan pertengahan bulan Juli 2019 kemarin. Program ini merupakan kegiatan pembinaan anak-anak jalanan dan pemuda punk. Ingin tahu lebih jelas silakan klik ini >>www.facebook.com/shohibmu<<.
Punk Positif, Punk Mengaji (sumber gambar: FB sohibmu)
Selain dari ketiga program di atas. Askar dakwah pendidikan juga melakukan pembinaan kepada ibu-ibu, pemuda dan kegiatan positif lainnya yang berhubungan dengan memberikan syiar dan edukasi kepada masyarakat.
💢 ASKAR SOSIAL KEMANUSIAAN

1. Yatim Amanah
Program sosial ini memberikan pendidikan, pembinaan, dan kesehatan kepada para yatim yang belum baligh di wilayah Jawa Timur dan daerah pelosok di Indonesia Timur.

Seperti salah satu contoh kegiatan pembinaan dan santunan Yatim Amanah di Dusun Banyumulek Barat, Desa Banyumulek, Kec. Kediri, Kab. Lombok Barat-NTB pada tanggal 10 oktober 2019 kemarin.

Acara Yatim Amanah di NTB (sumber gambar : FB Yatim Amanah)

2. Sentral Laktasi Muslimah Indonesia (SALMA)
Program sosial ini fokus kepada penyuluhan dan dakwah ibu menyusui, kesehatan bayi, posyandu lansia dhuafa dan pemeriksaan ibu hamil dhuafa gratis.


Pemeriksaan Ibu Hamil dan menyusui dhuafa (Sumber Gambar : FB. Sentral Laktasi Muslimah)
Selain program Yatim Amanah dan SALMA, Askar Sosial Kemanusiaan juga melayani ummat di lokasi bencana, Menyalurkan santunan biaya berobat bagi dhuafa, santunan atau sembako untuk janda lansia dhuafa secara rutin tiap bulan, dsb. Salah satu kegiatannya bisa disaksikan di video ini >>  www.facebook.com/yayasan.askarramadhan.3 <<.

Alhamdulillah dengan adanya program-program pemanfaatan dana zakat untuk pemberdayaan sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan yang dilakukan oleh BAZNAS dan Yayasan Askar Ramadhan ini membuat para muzzaki tentunya akan merasa sangat berbahagia. Karena dana zakat yang mereka berikan bisa dimanfaatkan dengan tepat sasaran, tepat guna dan cepat penanganan. Sehingga zakat tersebut diharapkan menjadi jalan membangun umat dan memajukan bangsa dapat terwujud.

Butuh informasi tentang zakat, konsultasi syariah,  pustaka digital, info tentang masjid, info tentang dakwah Islam dan informasi lainnya. Silakan kujungi >> bimasislam.kemenag.go.id <<. Yang merupakan website dari Kementrian Agama Republik Indonesia yang berfungsi sebagai sarana membimbing, melayani, memberdayakan, dan mengembangkan masyarakat Islam.


Punya pengalaman dan informasi terkain zakat dan wakaf. Yuk ceritakan di blogmu. Jadikan ini sebagai salah satu jalan dakwah penamu. Info lebih lanjut silakan klik ini >> literasizakatwakaf.com <<.

 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akunnya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)

Popular