Friday, 11 October 2019

# Finansial # Home Education

PEMANFAATAN DANA ZAKAT UNTUK PEMBERDAYAAN SOSIAL, EKONOMI, PENDIDIKAN DAN KESEHATAN


Zakat menurut bahasa, berarti pengembangan dan pensucian. Harta yang kita miliki tanpa disadari akan berkembang melalui zakat yang kita keluarkan. Zakat juga mampu membersihkan dan menyucikan dosa-dosa kita. Sedangkan hukumnya wajib bagi muslim dan muslimah yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Syarat-syarat  tersebut sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Bersama dengan bahasan mengenai jenis-jenis zakat, manfaat berzakat serta pengalaman berzakat kami. Baca di sini >> pengalaman-berzakat-online <<.

Secara garis besar dana zakat yang diberikan oleh muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) sangatlah bermanfaat untuk membantu umat dan memajukan bangsa.

Berdasarkan QS. At Taubah ayat 60 ada 8 golongan yang berhak menerima dana zakat ini (mustahik), yaitu :

1. Fakir > orang yang hampir tidak mempunyai apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup mereka.
2. Miskin > Orang yang mempunyai harta dan pekerjaan namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan utama mereka.
3. Amil > Orang yang menghimpun, mengelolah dan mendistribusikan zakat.
4. Mu'allaf > orang yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menguatkannya dalam memilih Islam.
5. Budak > hamba sahaya yang ingin memerdekakan dirinya.
6. Gharimin > orang yang mempunyai hutang yang digunakan untuk memnuhi kebutuhan dan mempertahankan agamanya namun tidak memiliki kemampuan untuk membayar hutang tersebut.
7. Fisabilillah > Orang yang berjuang di jalan Allah dalam kegiatan dakwah, jihad, dan lainnya.
8. Ibnus Sabil > orang yang sedang melakukan perjalanan di jalan Allah namun kehabisan dana.

Memang tidak mengapa jika zakat yang kita keluarkan, langsung diberikan kepada orang-orang yang memang termasuk ke dalam delapan golongan yang berhak menjadi penerima zakat di atas.  Namun, alangkah jauh lebih baiknya jika zakat yang dikeluarkan tersebut kita berikan ke badan pengelolah zakat. Agar zakat tersebut bisa dikelola dengan lebih baik dan bisa tepat tujuan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.14 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat (untuk lebih detail silakan klik >> peraturan.bpk.go.id <<).

Pengelolaan Zakat adalah kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengoordinasian dalam pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat. Lembaga Nasional yang melakukan pengelolaan Zakat tersebut adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Sedangkan Lembaga Amil Zakat (LAZ) adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat yang memiliki tugas  membantu pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat.


PEMANFAATAN DANA ZAKAT OLEH BAZNAS

Dalam rangka meningkatkan manfaat zakat sebagai sarana untuk membantu umat dan memajukan bangsa, BAZNAS melalui program Layanan Aktif BAZNAS (LAB) sebagai program khusus divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat (DPP), hadir menyalurkan dan memberdayakan dana zakat di bidang sosial, ekonomi dan dakwah. Agar zakat tersebut dapat tepat sasaran, tepat guna (cepat) dan tepat penanganan.

Pemberdayagunaan zakat itu terwujud dalam program-program nyata yang dilakukan oleh BAZNAS yang diambil dari sumber >> baznas.go.id <<, antara lain :

💢 BIDANG EKONOMI

1. Zakat Community Development (ZCD)
Program pemberdayaan BAZNAS melalui komunitas dan desa dengan mengintegrasikan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan secara komprehensif yang sumber pendanaannya dari zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya.

2. Microfinance BAZNAS
Lembaga bantuan pembiayaan produktif kepada mustahik dengan prinsip non for profit dalam rangka pengembangan usaha.

3. Pemberdayaan Ekonomi 
Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) merupakan salah satu lembaga yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) berdasarkan keputusan Ketua BAZNAS Nomor 18 Tahun 2018 tanggal 29 Maret 2018 yang memiliki tugas dan fungsi untuk meningkatkan kualitas kehidupan dhuafa (mustahik) melalui pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, perkebunan dan kehutanan yang berkelanjutan berdasarkan nilai-nilai pemberdayaan zakat dan menjadi salah satu elemen dasar untuk memenuhi visi BAZNAS.

BAZNAS dampingi kegiatan panen masa tanam kedua kelompok tani mustahik sari alam (sumber gambar : lpem.baznas.go.id)
4. Pemberdayaan Peternak
Lembaga program untuk menjalankan fungsi produksi ternak, pemasaran, dan pendampingan kelembagaan peternak.

💢 BIDANG SOSIAL

1. Layanan Aktif BAZNAS (LAB)
Program layanan darurat sosial untuk mustahik dengan model penanganan tepat sasaran, tepat waktu (cepat) dan tepat penanganan. Program ini untuk melayani mustahik dalam keadaan darurat.

2. BAZNAS Tanggap Bencana (BTB)
Unit kerja dari bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS yang bertugas mengurangi dampak bencana yang mengakibatkan kemiskinan dan menekan risiko keterparahan kemiskinan akibat bencana.

3. Rumah Sehat BAZNAS
program yang mewakili BAZNAS dalam pelayanan kesehatan secara terpadu kepada seluruh mustahik termasuk pelayanan kesehatan di daerah bencana yang meliputi aspek kuratif, preventif, rehabilitatif, promotif dan advokatif seta mengikuti peraturan dan perundang-Undangan kesehatan di Republik Indonesia.

Peta sebaran rumah sehat baznas (Sumber gambar baznas.go.id)

4. Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB)
Sekolah bebas biaya dan berasrama bagi dhuafa untuk putra-putri Indonesia. Sekolah Cendekia BAZNAS terdiri dari SMP Cendekia BAZNAS dan Sekolah Tahfidz BAZNAS.

5. Lembaga Beasiswa BAZNAS

💢 BIDANG DAKWAH DAN ADVOKASI

1. Mualaf Center BAZNAS (MCB)
program yang bertugas melakukan pembinaan dan pendampingan kepada mualaf sesuai tuntutan syariat Islam agar menjadi muslim dan muslimah Kaffah

2. Pusat Kajian Strategis BAZNAS
Pusat kajian strategis ini berfungsi sebagai pusat penyebaran pengetahuan dan keunggulan inteletual sehingga dapat menjadi elemen dasar untuk memenuhi visi BAZNAS.

Dengan adanya program-program dari BAZNAS ini. Zakat yang diberikan oleh muzzaki bisa dimanfaatkan dengan tepat sasaran, tepat guna (cepat) dan tepat penanganan.

PEMANFAATAN DANA ZAKAT OLEH LEMBAGA AMIL ZAKAT (YAYASAN ASKAR RAMADHAN)

Sejalan dengan program-program yang dilakukan BAZNAS. Lembaga Amil Zakat tempat kami menyetorkan zakat yaitu YAYASAN ASKAR RAMADHAN dengan Legalitas SK. KemenKumHam AHU-0029527. AH. 01. 04. th. 2015. 07 Desember 2015. Yayasan yang diketuai oleh Bapak Rahmat Zainudin ini beralamat di Griya Askar, Jln. Pagesangan Asri III/21 , Surabaya. Yayasan Askar Ramadhan juga memiliki program-program cemerlang dalam memanfaatkan dana zakat yang diberikan para muzzaki. Program-program tersebut antara lain:

Sumber gambar : FB. Askar Ramadhan

💢 ASKAR DAKWAH PENDIDIKAN
 
1. Askar Qur'an
Askar qur'an adalah salah satu produk Askar dakwah pendidikan yang berikhiar dalam memberantas buta huruf Al-Qur'an. Hal ini didasari oleh data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 yang menyebutkan ada sekitar 54% dari toral populasi umat Islam di Indonesia yang tiada bisa membaca Alquran.

Sejauh ini sudah ada 13 wilayah binaan Askar Qur'an ini. Kegiatan Askar Qur'an ini tiap wilayah berbeda kurikulumnya. Namun rata-rata kurikulum tetap terdiri dari : Tajwid, Tahsin, Tahfidz, Halaqah (tentang Tauhid,Fikih, Adab), serta Bahasa Arab.
Wilayah binaan Askar Qur'an (sumber gambar : fb Askar Da'wah Pendidikan)
2. Ma'had Askar Ilmi
Program Ma'had Askar Ilmi hampir mirip dengan program dari Askar Qur'an hanya saja program ini mempunyai kurikulum dan lebih tertarget. 

Seperti contohnya kegiatan belajar-mengajar adik-adik binaan Ma'had Askar Ilmi di Kampung Timur Pasar, Desa Socah, Kec. Socah, Kab. Bangkalan-Jawa Timur ini. Mereka belajar tentang Tahsin, Tahfizh Qur'an ditambah dengan Fiqh dan Adab


3. Shohib Muslim
Program ini merupakan sayap dakwah yang baru dilaksanakan pertengahan bulan Juli 2019 kemarin. Program ini merupakan kegiatan pembinaan anak-anak jalanan dan pemuda punk. Jujur, saya masih terkesima dengan program yang satu ini dari Askar Ramadhan. Soalnya masih jarang yang mau bikin program pembinaan buat anak jalanan dan punk. Kalau kamu ingin tahu lebih jelas silakan klik ini >>www.facebook.com/shohibmu<<.
Punk Positif, Punk Mengaji (sumber gambar: FB sohibmu)
Selain dari ketiga program di atas. Askar dakwah pendidikan juga melakukan pembinaan kepada ibu-ibu, pemuda dan kegiatan positif lainnya yang berhubungan dengan memberikan syiar dan edukasi kepada masyarakat.

💢 ASKAR SOSIAL KEMANUSIAAN

1. Yatim Amanah
Program sosial ini memberikan pendidikan, pembinaan, dan kesehatan kepada para yatim yang belum baligh di wilayah Jawa Timur dan daerah pelosok di Indonesia Timur.

Seperti salah satu contoh kegiatan pembinaan dan santunan Yatim Amanah di Dusun Banyumulek Barat, Desa Banyumulek, Kec. Kediri, Kab. Lombok Barat-NTB pada tanggal 10 oktober 2019 kemarin.

Acara Yatim Amanah di NTB (sumber gambar : FB Yatim Amanah)

2. Sentral Laktasi Muslimah Indonesia (SALMA)
Program sosial ini fokus kepada penyuluhan dan dakwah ibu menyusui, kesehatan bayi, posyandu lansia dhuafa dan pemeriksaan ibu hamil dhuafa gratis.


Pemeriksaan Ibu Hamil dan menyusui dhuafa (Sumber Gambar : FB. Sentral Laktasi Muslimah)
Selain program Yatim Amanah dan SALMA, Askar Sosial Kemanusiaan juga melayani ummat di lokasi bencana, Menyalurkan santunan biaya berobat bagi dhuafa, santunan atau sembako untuk janda lansia dhuafa secara rutin tiap bulan, dsb. Salah satu kegiatannya bisa disaksikan di video ini >>  www.facebook.com/yayasan.askarramadhan.3 <<.

Alhamdulillah dengan adanya program-program pemanfaatan dana zakat untuk pemberdayaan sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan yang dilakukan oleh BAZNAS dan Yayasan Askar Ramadhan ini membuat para muzzaki tentunya akan merasa sangat berbahagia. Karena dana zakat yang mereka berikan bisa dimanfaatkan dengan tepat sasaran, tepat guna dan cepat penanganan. Sehingga zakat tersebut diharapkan menjadi jalan membangun umat dan memajukan bangsa dapat terwujud.

Jika kalian butuh informasi tentang zakat, konsultasi syariah,  pustaka digital, info tentang masjid, info tentang dakwah Islam dan informasi lainnya. Silakan kunjungi >> bimasislam.kemenag.go.id <<. Yang merupakan website dari Kementrian Agama Republik Indonesia yang berfungsi sebagai sarana membimbing, melayani, memberdayakan, dan mengembangkan masyarakat Islam.


Kamu punya pengalaman dan informasi terkait zakat dan wakaf? Yuk ceritakan di blogmu. Jadikan ini sebagai salah satu jalan dakwah penamu. Info lebih lanjut silakan klik ini >> literasizakatwakaf.com <<.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba literasi zakat wakaf

54 comments:

  1. Keren sekali ya program yang di laksanakan oleh BAZNAS dan Yayasan Askar Ramadhan ini, ditambah Kan Kalo berbakat lewat BAZNAS juga bisa melalui transfer bank Jadi harus nya tidak ada alasan untuk menunda zakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, sangat mudah sekarang dalam menyetorkan zakat kita jadi sebenenya gak ada alasan untuk menundah.

      Delete
  2. Bayar zakat memang sudah kewajiban seorang muslim dan muslimah ya kak, hati tenang rasanya saat zakat telah ditunaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kk, setelah menunaikan kewajibab pasti bikin hati tenang

      Delete
  3. Potensi zakat dan wakaf emang besar banget kak bahkan bisa mengetaskan kemiskinan. Semoga makin banyak orang yang berzakat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah. Perintah Allah itu sesungguhnya selalu mengandung kebaikan bagi umatNya.

      Delete
  4. Masya Allah . Terharu dan senang kalau zakat bisa di gunakan di peruntukan dengan benar dan semestinya.
    Selama ini aku belum pernah zakat dengan membayar online. Insya Allah nanti saya coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hanya zakat kk tapi juga wakaf, infaq dan sedekah juga bisa kita salurkan secara online sekarang. :)

      Delete
  5. Aku suka dengan beragam programnya, jadi bisa menyasar ke berbagai lapisan masyarakat. Semoga tetap istiqomah ya memegang amanah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah, Semoga Allah selalu mengistiqomahkan mereka untuk terus berjuang di jalan Allah.

      Delete
  6. MasyaAllah, programnya harus didukung penuh nih mbak... Jadi dana tersebut bisa membantu memajukan Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener banget. Jadi kita bisa menjalankan dua kewajiban kita sekaligus sebagai muslim dan sebagai warga negara

      Delete
  7. Dengan kata lain, bila kita ber zakat lewat lembaga InsyaAllah akan lebih terasa pemanfaatan buat umat ya Kak.
    kadang kalo kita beri ke personal, kurang berkembang.

    ReplyDelete
  8. Terbuka wawasan saya tentang zakat yang bisa disalurkan untuk beberapa jalur pemenuhan kehidupan secara menyeluruh. Memang adanya lembaga zakat di masa sekarang sangat dibutuhkan masyarakat untuk membantu mereka dalam meningkatkan taraf hidupnya.
    Era digital memudahkan penyebaran informasi sekaligus membantu jalur dakwah sosial demi kemaslahatan ummat. Semoga masyarakat kian melek zakat karena sungguh sangat bermanfaat bagi dunia akhirat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah, bener mbak sosialisasi tentang kebaikan sudah selayaknya kita gaungkan.

      Delete
  9. Zakat itu kalau dikelola dengan baik, kebermanfaatannya untuk umat akan terasa sekali membantu.
    Di tempatku kerja, Alhamdulillah gaji karyawan sudah dipotong zakat, infaq dan sedekah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas, biar para karyawannya bisa mendapatkan keberkahan yang lebih besar dari penghasilan yang mereka terima ya mas.

      Delete
  10. Kalo dikelola dgn baik, zakat dam wakaf bisa memberdayakan umat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, zakat juga ikut memajukan indonesia karena masyarakat miskin di Indonesia bisa terbantu dengan adanya program-program yang dilakukan oleh baznas dan lembaga amil zakat.

      Delete
  11. Nah ini prinsip-prinsip zakat yang harus sering disounding ke masyarakat. Bahwa zakat itu untuk pemberdayaan Ummat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bahwa zakat itu gak cuma zakat fitrah saja tapi banyak zakat lain yang harus kita tunaikan jika sudah mencapai nishabnya.

      Delete
  12. Alhamdulillah.. dengan program seperti ini, Zakat yang kita keluarkan jauh lebih berkah dan bermanfaat ya, Mbak. Begitu juga dengan wakaf. Kini lebih fleksibel untuk hal-hal bermanfaat. Seperti sekolah, rumah sakit, perpustakaan dan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, program seperti ini bisa membuat yang memberi zakat maupun menerima zakatnya akan merasa bahagia karena manfaatnya akan lebih banyak.

      Delete
  13. Alhamdulillah dengan program zakat secara merata dapat memberikan kemaslahatan/ manfaat ummat dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dengan program yang dilakukan BAZNAS dan LAZ kemanfaatan zakat menjadi lebih luas jangkauannya dan tentu saja akan meningkatkan kesejateraan umat dan bangsa.

      Delete
  14. Sagat membantu sekali, baik untuk pemberi zakat maupun penerima zakat. Pemberi zakat mendapatkan cara membersihkan harta, sedangkan penerima zakat bisa mendapatkan apa yang diidamkan

    ReplyDelete
  15. Mba, saya senang baca artikel ini..lengkap sekali. Saya jadi tahu kepedulian dan kontribusi BAZNAZ dan Yayasan Azkar Ramadhan melalui berbagai program dana zakat sehingga bisa dimanfaatkan dengan tepat sasaran, tepat guna dan cepat penanganan.
    Semoga ke depan makin baik lagi pengumpulan, pengelolaan dan pemanfaatan dana zakat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah, dan semoga makin banyak lagi muslim yang menjadi muzakki.

      Delete
  16. Zakat itu klo di atur atau dikelola dengan baik akan sangat membantu ummat. Juga bisa dibuat untuk kesejahteraan masyarakat yang daerahnya butuh/layak dibantu

    ReplyDelete
  17. Ternyata zakat itu bisa disalurkan dalam berbagai bidang ya. Jujur saya baru tau. Program Baznaz dan Laz semakin keren! semoga kedepannya bisa selalu menebar manfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinya Allah, semoha program BAZNAS dan LAZ semakin baik dan semakin banyak yang merasakan manfaat dari dana zakat ini.

      Delete
  18. Kalau zakat dioptimalkan dengan profesional pasti akan berdampak dan memberi manfaat yang luar biasa. Semoga semakin banyak masyarakat yang sadar bahwa zakat jika dikelola oleh lembaga profesional akan memberi dampak yang luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, Jadi merata ya. Karena kalau kita pribadi kan akan sulit membantu saudara kita di daerah pelosok atau konflik gitu. Tapi jika melalui lembaga profesional tenttu akan lebih mudah.

      Delete
  19. Sebagai non-muslim yang melihat perkembangan fintech, punya pertanyaan tentang apakah Zakat yang dikumpulkan dengan bantuan teknologi, juga akan memberikan transparansi tentang kemana dana yang kita zakatkan akan disalurkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bang, Kalau di Askar Ramadhan biasanya kami mendapat laporan berapa dana yang mereka kumpulkan dan mereka salurkan tiap bulannya serrta program-program apa saja yanng mereka lakukan. Selain laporan kas juga disertai foto atau video kegiatan seperti di atas bang. ^^

      Delete
  20. Keren ya program baznas. Semoga bisa ikut Menjadi bagian dari kegiatan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. semoga Allah mudahkan ya bun. Kalau kita sudah mampu berzakat berarti Allah telah menitipkan rezeki yang lebih kepada kita.

      Delete
  21. Keren banget ya...
    Banyak program luaran Baznaz yang sangat bermanfaat untuk ummat. Semoga makin berkah dan makin bagus penyalurannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. dan program mereka tak akan berjalan tanpa adanya setoran zakat dari para muzakki. makanya kita harus saling bersinergi untuk program kebaikan ini

      Delete
  22. Pilihan yg tepat kl menyalurkan zakat melalui baznas. Karena programnya bagus sekali dan lanngsung disalurkan kepada yg membutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bukan hanya BAZNAS tapi juga ke LAZ biar makin merata pendistribusian dana zakatnya.

      Delete
  23. Zakat dan wakaf selalu jadi solusi pensejahteraan umat ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. So pasti kak, Itulah hikmahnya perintah dari Allah. Selalu mengandung kebaikan bagi umatnya.

      Delete
  24. Efektif sekali ya pemanfaatan dana zakat dan wakaf ini. Bisa menyemarakkam dakwah Islam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jadi makin merata dan bisa tersebar kemanfaatannya dalam semua lini kehidupan.

      Delete
  25. Baru tau ternyata program Baznas cukup banyak dan bermanfaat langsung ke umat. Kayaknya bayar zakat lebih nyaman lewat lembaga terpercaya kayak Baznas ini ya.

    ReplyDelete
  26. ternyata zakat wakaf banyakmanfaatnya ya... semoga semakin bnayk yang sadar betapa pentingnya berzakat demi kemajuan umat.

    ReplyDelete
  27. saya kalau zakat fitrah memang ke mesjid dekat rumah
    kalaua zakat harta saya bagi bagi ke sejumlah pihak
    biasanya ada ke foundraising gitu
    untuk bantu mereka yang sakit
    ada jg ke baznas

    ReplyDelete

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akunnya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)

Popular