Friday, 23 August 2019

# Film & Book Review # Home Education

YUK, BERKENALAN DENGAN BERBAGAI JENIS BUKU ANAK

Bagi kami buku bukan sekedar untuk mencari ilmu saja, tapi menjadi salah satu media yang efektif untuk  mensoudingkan hal positif kepada anak. Seperti salah satu cerita kami berikut ini saat >> mengajari-anak-melindungi-dirinya-sendiri <<. Karenanya kami berusaha untuk bisa mendekatkan anak pada buku. Tapi tentunya saat memperkenalkan buku pada anak usia dini, kami menggunakan jenis buku sesuai dengan minat dan usia si anak.
>> Baca : trik-bikin-anak-doyan-membaca-buku <<.

Seringkali beberapa orangtua ingin sekali membuat anaknya dekat dengan buku tapi memberikan jenis buku yang tidak sesuai dengan usia anaknya. Akibatnya buku tersebut hanya akan dirobek, diemut, bahkan dicuekin oleh sang anak. Dan akhirnya ini yang jadi alasan orangtua malas memberikan buku lagi pada anaknya.

Makanya jangan sembarang memberi buku ke anak, kita mesti memberikan jenis buku yang tepat sesuai usia mereka. Agar mereka bisa tertarik dan mencintai buku. Yuk cari tahu apa aja jenis buku yang tepat untuk anak-anak.

Berdasarkan jenis bahannya, buku bisa digolongkan menjadi 3 yaitu :

1. Soft Book > Buku jenis ini bisa berbahan kain (cloth book) atau sering disebut dengan buku bantal (fillow book) sangat aman untuk bayi. Biasanya bahannya bisa dicuci (washable) jadi bisa lebih higienis. Buku ini ringan dan gampang membawanya. Buku ini cocok untuk bayi usia 0-8 bulan.


Buku bantal koleksi duo AuRa
2. Hard book/board book > Buku ini terbuat dari bahan karton yang keras yang bagian atasnya dilapisi plastik/bahan stiker jadi buku ini aman jika terkena air atau bahkan saat dicoret anak-anak jadi bisa membuat bukunya lebih tahan lama. Tapi sayangnya buku ini cukup berat jadi berhati-hati jika memberikannya pada anak-anak. Disarankan ini diberikan pada anak yang sudah bisa duduk sendiri.  Jadi ini cocok untuk usia 8 bulan sampai usia balita.


Board book kolekasi duo AuRa
3. Paper book > Buku ini terbuat dari kertas tipis bisa berbahas HVS biasa atau glossy. Jenis ini mudah robek tapi paling mudah didapatkan di toko-toko buku. Buku ini cocok untuk anak di atas 2 tahun yang sudah bisa diberi arahan untuk menyayangi buku.
 
Paper book koleksi Duo AuRa

Sedangkan berdasarkan jenis isi dan bentuknya, buku anak terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

1.  Pop up book > Buku ini menyajikan gambar dalam bentuk tiga dimensi. Anak-anak akan menikmati gambar yang bisa berdiri.

Buku 3 dimensi koleksi duo AuRa
2. Cube book > Buku ini berisi cerita dan kubus gambar yang bisa dipasang sesuai denga tokoh ceritanya. sehingga buku ini mengasah kongitif dan konsentrasi anak, selain merangsang kemampuan motoriknya.

Buku kubus koleksi duo AuRa
3. Lift the flap book > Jenis buku ini sering disebut juga buku berjendela. Karena ada informasi tersembunyi di balik gambarnya. selain itu buku ini berbahan boardbook tentunya akan lebih tahan lama.

Buku berjendela koleksi duo AuRa
4. Slide out book > Buku ini selain untuk dibaca juga bisa melatih motorik anak dengan menekan dan mendorong bagian gambar di bukunya. Biasanya berbahan boardbook jadi aman.
Buku tarik dan temukan koleksi duo AuRa

5. Books with shoelace > Buku ini dengan cover berbahan busa dan dalam kertas kanton di lengkapi juga dengan tali sepatu. Jadi anak bisa lebih asyik membaca sambil berlatih mengikat tali sepatu.

Books with shoelace koleksi duo AuRa

6. Puzzle book > Buku dengan cerita dan kepingan puzzle di dalamnya. Jadi multi fungsi kan?

Buku puzzle koleksi duo AuRa

7. Foam book > Buku berbahan busa. ringan dan aman untuk bayi.

Buku busa koleksi duo AuRa

8.  Mini board book > Jika kebanyakan boardbook berukuran besar. Buku set ini berukuran kecil. Pas sekali dengan tangan mungil anak-anak.


Buku mini koleksi duo AuRa
9. Fold book > Buku lipat ini jika dibuka sangat panjang dan bagian belakangnya ada pengukur badan.

Buku sekaligus pengukur badan koleksi duo AuRa

10. Spin & find book > Buku ini ada gambar berbentuk roda yang bisa diputar dan harus disesuaikan dengan ceritanya.


Buku berputar koleksi duo AuRa
11. Encyclopedy book >Buku yang berisi informasi tentang cabang ilmu tertentu. Bisa sains, budaya, sosial, geografi dan lainnya.

Ensiklopedia sains koleksi duo AuRa
12. Dictionary book > Mungkin jika hanya kamus biasa anak-anak tidak tertarik membacanya. Tapi kamus visaul dengan penuh gambar akan mengiurkan buat dibaca.

Kamus visual koleksi duo AuRa



13. Atlas book > Buku atlas dengan gambar lucu akan membuat anak-anak membuat anak-anak menyukai belajar geografi

Buku atlas koleksi duo AuRa

14. Book set > Buku ini terdiri dari beberapa jilid dalam boxnya.

Buku set Petter Rabbit koleksi duo AuRa

15. Comic book > Buku komik salah satu pilihan yang mudah ditemui di toko buku. Tapi untuk buku komik yang berwarna masih susah dibanding yang hitam putih.

Komik Al Fatih koleksi duo AuRa

16. Picture stoty book > buku cerita bergambar. Ini bisa digunakan untuk berusia 2 tahun ke atas. karena dominan berbahan paper book.
Buku cerita bergambar koleksi duo AuRa
17. Activity book > Buku aktivitas cocok untuk anak usai pra sekolah atau sekolah TK.

Buku aktivitas koleksi duo AuRa


18. Augmented reality book > Buku unik, jika kita mendowload aplikasi di gawai dan diarahkan ke buku, maka gambar di buku tersebut seolah bergerak dan mengeluarkan bunyi.

Augmented reality book koleksi duo AuRa

Sebenarnya ada banyak buku jenis yang lain jika diklasifikasikan berdasarkan isi dan bentuknya ini. Terutama buku anak impor yang bisa kita dapat saat even besar seperti Big Bad wolf atau jastiper yang sedang melancong keluar negeri. 

Tapi diulasan kali ini saya hanya memberi informasi buku yang menjadi koleksi kami di perpus mininya duo AuRa dan semua berbahasa indonesia. Karena memang saat ini kami masih jadi penikmat dan kolektor buku lokal.

Jadi mau beli buku lokal atau impor yang paling penting adalah berikan jenis buku yang tepat buat anak-anak. Pilih yang berbahan sesuai usia, cerita yang positif, bentuk yang unik dan gambar/animasi yang menarik dan full colour. InsyaAllah anak akan lebih mudah jatuh cinta pada buku.

45 comments:

  1. Baru tau ini jenisnya banyak kak. selama ini liat aja karena dulu waktu kecil gak ada buku sekreatif ini. Kemaren waktu cari gift untuk penelitian tentang Alat Permainan Edukatif, nemu berbagai jenis seperti diatas. Wah terima kasih ilmunya kak.
    Are all your collection sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini sebagian koleksi punya anak-anak. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  2. Bagus-bagus ya bukunya,dan ada macam-macamnya. Anakku yang kedua juga lagi aku biasain baca buku nih,usianya masih 14 bulan.

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah kak, lengkap beut ya kocek si buku si duo aura ini..
    Jadi memang berasa banget Pas pindahan ya..

    punya perpustakaan mini masih jadi cita-cita yang belum terealisasi buat kami, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw.. jangan dibayangkan pas pindahan kemarin kk. Buku menguasai barang pindahannya. Semoga terwujud ya kk, kami juga ni masih sedikit bukunya

      Delete
  4. mupeng bener ma bukunya...
    kapan ya ada pameran buku lagi...
    anak kami sudah beranjak dari buku seri Muhammad SAW yang boardbook.
    sekarang lagi kepoin buku tentang gunung semenjak sinabung meletup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentar lagi bakal ada BBW di medan kk, tunggu aja dan siapin dananya. xixixi... moga gak kalap

      Delete
    2. iyakah???
      wahhh awak kapok bawa lintang.
      semua buku mau dibelinya, termasuk dari trolinya mba indri...

      Delete
  5. Banyak ya koleksi buku Duo Aura. Kl 4r ada yg sm ada jg yg beda. Kak Rara suka buku Lift The Flap Book dulu itu, kl Bg Royyan Pop up Book, kl Ririn Busy book, nah Rausyan sukanya Convertible Nook dan Noisy Book. Tfs ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, beda-beda kesukaannya ya kk. Kalau AuRa suka semua, makanya gak boleh dijual ma mereka. wkwkwk... padahal ada beberpa yang gak cocok lagi dengan usia mereka.

      Delete
  6. Ternyata banyak ya jenis buku anak. Suatu saat nanti klo punya anak pasti aku jejali dengan buku2 biar pinter mngkhayal ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh.. jangan cuma mengkhayal mbak. Tapi mengambil hikmah dan menerapkannya dalam kehidupan mereka

      Delete
  7. Buku buku sekarang jenisnya beragam ya mbak. Aku paling suka buku yang pop up. Keren aja bukunya jadi 3D gitu.
    Sekarang buku-buku banyak yang djiual satu paket dengan harga yang lumayan. Salah satu caraku dalam meningkatkan minat baca anak, sayanya rajin bacain buku dan mengenalkan bagian bagian buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, tapi aku lebih memnilih buku ecer. Kalau paket palling yang ensiklopedia aja.

      Delete
  8. Waaah, banyak bangets koleksi bukunya.
    Alhamdulillah anak-anak sudah ditanamkan gemar membaca sejak dini ya, Mbak
    Senengnya sekarang makin variatif buku anak ini. Dulu jaman anakku bayi keknya buku buat bayi belom sebanyak kini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, Alhamdulillah sekarang makin banyak buku berkualitas baik dalam hal isi, konten maupun jenis bahannya

      Delete
  9. Ulasan tentang jenis buku ini lengkap ya jadi tahu deh,penting banget ya pengenalan buku ini kepada anak secara dini ya,thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  10. Wah asik banget punya buku bacaan anak yang komplit, anak2 pasti suka dan tertarik untuk membaca, aku jadi pengen ikutan koleksi buku anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak, anak-anak pasti lebih happy membacanya

      Delete
  11. Ternyata banyak ya jenisnya. AKu yang belum pernah punya kyknya yang ada cube-ya itu mbak :D
    Kadang aku beli buku anak tu malah suka aku baca sendiri wkwkkwk mungkin obsesi masa kecil yang pengen punya buku bagus2 dan lengkap, jd kalau ada dananya aku jd suka beliin buat anak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, ini emaknya juga doyan. Cakep-cekep buku sekarang

      Delete
  12. Koleksi buku nya buaaaanyaaaak bangeet mbaak 😍

    Jujur aku cuma tau beberapa aja gak selengkap kayak yang mbak ulas .

    Bener bangeet aku pernah beliin buku yang gak sesuai usia nya hasilnya yaa cuma buat pajangan dia aja . Beli karna ke egoisan aku karna bukunya lucu.
    Belajar dari pengalaman aku sekarang kalau mau beli buku ngajak anak nya dlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini masih ada yang lain mbak cuma nanti kebanyakan. XIxixix... aku juga ini nyicil ngumpulinnya mbak.

      Delete
  13. Kayaknya aku punya senua jenis buku di atas. Ibunya rajinbeliin buku anak mulai dsri yang jenis soft, hard sampai yang pop up gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap bang. Ibu cerdas tuh. Anak-anak juga pasti suka ^^

      Delete
  14. Dari berbagai jenis buku itu, aku paling tertarik sama buku anak yanh Pop Art mbak. Hehehe. Kayaknya asik ya bosa cerita sambil muncul gambar dan bikin anak anak lebih imajinatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pop Up maksudnya ya mbak. BUku jenis ini termasuk yang termahal karena dari segi pembuatannya juga lebih ribet. dan kalau buku lokal masih pake tenaga manusia untuk mengelemnya

      Delete
  15. Ternyata banyak ragam buku untuk anak-anak yak. Cocok nih buat aku beliin untuk keponakan. Lumayan kan bisa jadi hadiah ulang tahun dan semoga dia jadi jatuh cinta sama buku deh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget jadi hadiah, apalagi kalau lagi ada sale enak nyetok buat hadiah

      Delete
  16. Banyak banget ternyata ya jenis-jenis buku, baru ketemu beberapa jenis aja hehehe. Nah kalau type buku berdasarkan bahannya, sudah saya terapkan sejak anak masih bayi jadi lumayan awet buku-bukunya sampe anak saya usia 5 tahun. Yang buku bantal udah dilungsurkan buat ponakan yang masih bayi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, buku bantal emang awet ya mbak. Hehehe.. bisa dilungsurkan

      Delete
  17. Keren euy, banyak koleksinya. Hampir semua pernah aku beliin untuk anak2 kak. Tapi yang bertahan sampe sekarang si hardbook dan ensiklopedi. Yang puter2 itu udah hancur, padahal suka banget maininnya. Ntar lagi BBW, bisa mulai nabung buku lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, hati-hati kalap di BBW ya mak. Belum sempatlah kami ke BBW eh keburu pindah

      Delete
  18. wuah banyak ya kak. awak yang tau softbook aja. selama ini tau puzzle ya puzzle doang. kak mau lah itu belik softbook yang rekomendasi dimana kak yang udah teruji.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. disaya. Dulu saya pelapak bukku sebelum fokus belajar ngeblog kk tapi sekarang kalau ada yang order masih suka jualin

      Delete
  19. Jenis buku anak banyak banget, ya dan bisa disesuaikan dengan usia dan minat anak. Semoga jumlah penulis buku anak semakin meningkat, begitupun pembeli dan pembacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Ya Allah, dan semoga harganya bisa lebih bersahabat di kantong emak-emak

      Delete
  20. Koleksi bukunya duo Aura lengkap banget ya,? Bookworm ini mah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. makasih kak. Ini emangnya yang mupeng dan ternyata duo AuRa juga suka

      Delete
  21. Bnyak juga ya kk.... Sngat cocok untuk menambah minat baca anak- anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, biasanya yang unik gini anak-anak baca bisa sekaligus bermain

      Delete
  22. Keren sekali ulasannya, Mbak Dyah.
    jadi memang lewat cerita yang ada dalam buku, kita menyampaikan sesuatu kepada anak-anak. Jadi tidak harus dengan omongan langsung yang malah terkesan menasihati anak ini itu.
    Makanya memang jenis buku dan muatan cerita disesuaikan dengan usia pembaca anak-anak. Dan ini memang beanr, Mbak. kadang ada orang tua kurang pas memberikan buku pada anaknya. Misalnya anak dua tahun, dikasih buku bahan kertas dan tidak dibacakan. Ya, tentu saja kadang dirobek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, Buku bisa jadi media sounding kalau di keluarga kami.

      Delete

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akunnya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)

Popular