Thursday, 23 May 2019

Tips Menghadapi SBMPTN dengan Try Out Online SBMPTN

Aku sebagai orang yang dahulu pernah berjuang untuk SBMPTN, maka aku berniat untuk berbagi tips-tips untuk pejuang tangguh SBMPTN.

Memang kadang dari kita berfikir kalau tips-tips ini tidak berlaku karena saking susahnya soal dan sulitnya masa-masa ujian itu harus kita lewati. Berikut tips dan cara menghadapi Ujian SBMPTN

1. Fokus
Kita harus fokus terhadap pilihan dan rencana kita, kita tidak boleh tergoyahkan oleh apapun. Karena jika kita fokus dan mantap dengan pilihan kita maka aura positif dalam diri kita akan terpancar sehingga kita tidak cepat jenuh ketika belajar untuk mempersiapkan ujian SBMPTN itu.

2. Keluar dari zona nyaman
Apa itu zona nyaman? Zona nyaman adalah waktu, tempat dan keadaan yang membuat kita nyaman dan tidak mau beranjak dari situ. Misal kita nyaman dengan belajar kebut semalam, maka untuk ujian SBMPTN ini sudah tidak bisa lagi seperti itu.
Kita harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Atau misal lagi kita biasa belajar sendiri dan tidak membutuhkan orang lain. Tapi untuk ujian SBMPTN ini kita tidak bisa sendiri, kita membutuhkan orang lain untuk berdiskusi dan tukar pikiran saat mengerjakan soal.

3. Memahami konsep soal
Jika saat mempersiapkan Ujian Nasional mungkin kita bisa menerapkan penghafalan rumus dan tipe soal guna membantu mengerjakan soal. Tapi hal itu tidak lagi bisa diterapkan dalam ujian SBMPTN ini, karena yang harus kita lakukan adalah bagaimana cara memahami konsep soal itu sendiri.

4. Sering mengikuti try out online SBMPTN
try out kita gunakan  untuk melatih dan melihat kemampuan kita selama ini. Bagaimana dan sejauh apa pengetahuan kita. Jenis soal dalam SBMPTN sangat beragam. Maka semakin kita sering melakukan try out semakin kita terbiasa dengan jenis soal tersebut. try out online SBMPTN ini bisa kita lakukan salah satunya di Ruanguji aplikasi Ruangguru.

Jangan cepat puas dengan hasil try out
Mungkin kadang hasil try out kita bisa berbeda-beda bahkan ada kalanya hasil try out kita sangat memuaskan. Ketika hasil try out online SBMPTN kita sudah baik dan memuaskan jangan cepat puas karena itu baru sekali. Lakukan persiapan lebih baik lagi. Jangan ketika hasil try out sudah baik lalu kita lupa akan 4 tips sebelumnya.

Di aplikasi Ruangguru di fitur Ruanguji, disana kita bisa langsung melihat hasil try out kita dan bisa melihat peringkat nasional untuk memotivasi kita lebih giat lagi dalam belajar.

Try out online SBMPTN kita jadikan sebagai tempat mengukur serta melatih kemampuan yang kita punya. Teman-teman dapat menemukan tipe soal yang sangat beragam di aplikasi Ruangguru ini. Tipe soal disesuaikan dengan materi topik dari setiap mata pelajaran. yuk cuss langsung klik di sini TRY OUT ONLINE GRATIS.


16 comments:

  1. Hahaha, iya kak dyah.
    zaman awak pun rajin ikut try out.
    bimbel di luar sekolah Juga.

    selalunya di posisi pilihan kedua.

    Pas ujian, semakin hati2 dan berhasil masuk ke pilihan pertama. ♡♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senangnya.. rezeki tuh kk. buah dari usaha.

      Delete
  2. Alfie pernah ikut SNMPTN namun sayang tak lulus... Kalau aja dulu ada aplikasi Ruangguru, mungkin bisa memanfaatkan aplikasi tersebut. Kelihatannya asik deh kalau ada aplikasi online buat belajar seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. ya bang. coba zaman kita dulu udah ada ruangguru. bisa belajar online di tempat kita suka. pasti lebih semangat belajarnya.

      Delete
  3. Zaman saya dulu namanya UMPTN. Rajin ikut kls reguler smpai intensif. Ikut try out di jl. Bantam, plg les malam". Capek tp seru krn ingin mendptkan PTN impian. Saat sudah dlm kondisi "siap tempur" ehh ada pengumuman lulus PMDK ke UGM. Mendengarkan nasehat ortu ambil ajalah, bismillah. Alhamdulillah ilmu bimbelnya kepake pas ujian matrikulasi di UGM. Termasuk calon mahasiswa yg lulus matriks. Artinya kemampuannya disamakan dg mhsw jalur UMPTN, saya tak perlu ikut kelas matrikulasi lagi kurleb 2 bulanan. Rasanya bahagia. Usaha ikut bimbel dan kerja keras tak sia"

    ReplyDelete
    Replies
    1. senangnya.. tapi klw dulu ada ruangguru gak mesti ijut bimbel sampae malam ya kk.

      Delete
  4. Hmm.. tambah satu tipsnya, kak. Perbanyak doa. Kadang SNMPTN itu ada yg get lucky juga, selain belajar sungguh2.. xixixii.. tapi saya akan simpan nih tipsnya buat anakku

    ReplyDelete
  5. Ruang guru juga ada fasilitas try outnya ya? Keren banget, kirain hanya tempat kelas online dengan biaya terjangkau

    ReplyDelete
  6. wah bagus nich, artikelnya. dua tahun lagi anak saya butuh ini. makasih ya mbak ..

    ReplyDelete
  7. Soal-soal SBMPTN - dulu jamanku masih UMPTN, memang tipenya beda. Lebih kompleks gitu ya kayaknya. Salah satu strateginya memang harus sering latihan soal atau mengikuti try out.

    ReplyDelete
  8. aplikasi ruang guru membantu sekali siswa mendapat prespektif baru memahami pelajaran.Keren banget dah pokoknya

    ReplyDelete
  9. Try out dapat melatih kita dalam memahami soal yang kemungkinan akan keluar saat ujian nanti.

    ReplyDelete
  10. Oh di ruang guru juga ada tryout2nya juga ya mbak? Kirain cuma belajar pakai video2 gtu :D
    Thx infonya

    ReplyDelete
  11. duh inget jaman dulu ikut kyk gini, semoga diluluskan dengan program kuliah yang dicita-citakan

    ReplyDelete
  12. Terima kasih tipsnya :) Aku share ke saudara sepupu yang lagi nyari kuliah ya

    ReplyDelete
  13. Wah boleh banget nih tipsnya buat adik-adik yang mau menghadapi SBMPTN ya. Semangat ya semua adik-adik tercintah....

    ReplyDelete

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akunnya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)

Popular