Dyah ummu AuRa. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 12 Maret 2019

8 PERMAINAN YANG MENCERDASKAN ALA AURA

Dunia anak adalah dunia bermain. Bermain menjadi semacam kebutuhan bagi anak-anak. Bahkan tak jarang belajar di usia anak-anak menggunakan metode bermain. Karena saat bermain anak-anak merasa lebih enjoy hingga apa yang didapat bisa diserap secara optimal oleh otaknya. Sebelum membahas Permainan apa saja yang bisa mencerdasakan ala AuRa, kita kupas dulu manfaat bermain bagi anak-anak.

Ilustrasi anak bermain. Sumber : Google

Kebutuhan anak-anak akan bermain sama halnya kebutuhan mereka akan makan dan minum. Jika makan dan minum untuk menutrisi kebutuhan badan (fisik), sedangkan bermain itu untuk memenuhi kebutuhan otak dan mentalnya (ruhiyah). Sehingga tak bisa disangkal lagi bermain mempunyai banyak manfaatnya bagi anak-anak, antara lain :

💬 Anak dapat memahami dirinya serta mengembangkan sifat baik yang ada dalam dirinya misal moral, perilaku, dsb;

💬 Meningkatkan kreativitas, imajinasi dan konsentrasi untuk perkembangan kognitifnya;

💬 Sebagai sarana sosialisasi, meningkatkan kepercayadirian dan memanajemen emosi saat bermain bersama teman-temannya;

💬 Untuk melepaskan diri dari ketegangan serta kejenuhan (stres) yang kerap melanda anak-anak jika cukup lama berdiam diri;

💬 Meningkatkan kemampuan berbahasa;

💬 Melatih kemampuan psikomotorik dan sensorik anak;

💬 Pemenuh kebutuhan anak dan penyaluran energi terutama untuk anak bergaya belajar kinestetik. Apa itu gaya belajar kinestetik? baca di sini 3 Gaya Belajar Anak.

💬 Melalui bermain anak juga bisa belajar berbagi, bekerja sama, mengikuti aturan permainan, menghargai waktu, menolong diri sendiri dan orang lain.

Di atas hanya sebagian kecil dari manfaat bermain, sangat banyak lagi manfaat bermain bagi anak-anak. Tapi perlu ditekankan di sini, Permainan yang memiliki banyak manfaat adalah permainan yang mencerdaskan yang membutuhkan koordinasi gerak tubuh, otak dan semua aspek dalam diri si anak. Bukan bermain game di gawai tanpa batas waktu yang banyak dilakukan anak-anak di zaman sekarang.

Oleh karena itu kami selaku orang tua dari duo AuRa, sangat senang jika anak-anak bermain. Di bawah ini beberapa contoh permainan yang mencerdasakan Ala AuRa yang menggunakan bahan seadanya dan murah karena bisa di dapat dari dalam rumah.

1. Mewarnai

Permainan mewarnai ini merupakan salah satu aktivitas yang bertujuan untuk melatih motorik halus, mengkoordinasikan gerak tangan dan mata, meningkatkan konsentrasi. Mewarnai yang biasanya menggunakan pensil warna, crayon bahkan cat air. Kali ini kami menggunakan pewarna makanan dan cotton buds, pura-puranya sedang membatik.


Membatik menggunakan pewarna makanan dan cotton buds

2. Mengkolase gambar ikan dengan daun

Dengan permainan ini anak-anak terasa motorik kasarnya dengan berjalan dan belari mengeksplor alam mencari dedaunan. Saat mencari daun saya juga memperkenalkan daun tersebut berasal dari tanaman apa, mulai dari namanya, jenisnya, sampai kenapa ada daun berwarna hijau muda, tua, kuning bahkan coklat.

Selanjutnya saat mulai mengunting, mengelem, dan merangkai dedaunan tersebut menjadi sebuah gambar ikan, di sini motorik halus dan sensoriknya yang bekerja. Selain itu meningkatkan kreativitas, imajinasi dan konsentrasi untuk perkembangan kognitifnya


Auni dan Rais mencari daun dan mengkolase gambar ikan


3. Olahraga Ringan

Olahraga mempunyai banyak manfaat. Selain untuk kesehatan, kegiatan ini juga sebagai ajang penyaluran energi anak-anak yang besar dan juga untuk refreshing melepas kejenuhan. Sekalian juga buat membangun bonding.

AuRa main sepeda dan kejar-kajaran bersama abi

4. Bermain Bersama teman sebaya

Selain bermain bersama dengan para tetangga dan teman sekolah. Sesekali AuRa juga bermain bersama teman-teman komunitas. Ini untuk mengasah kemampuan bahasa, emosi dan sosialisasi mereka.

AuRa sedang playdate bersama teman komunitas Hijrah Islamic Parenting

5. Cooking Class

Sesekali aku melibatkan duo AuRa dalam kegiatan memasak. Cari resep yang gampang saja, misal membuat agar, pusing, bolu, ataupun sekedar memotong sayur. Dari sini ada dilatih kemampuan life skill, motorik, kreativitas dan emosi. Karena mungkin saja nanti ini memasak bisa jadi salah satu minat mereka.


AuRa sedang memasak jelly buah naga

6. Mengenal hewan dengan gambar

Dari permaianan ini duo AuRa bisa mengenal berbgai jenis hewan dan habitat hidupnya dengan gambar. Dimulai dari menggunting printable, menyebutkan nama hewannya, dan mengaklasifikasikan di habitat mana mereka hidup apakah di darat, laut atau udara. Dari kegiatan ini selain motorik dan kognitifnya yang dilatih, kemampuan berbahasa juga bisa diasah juga loh.


Mengenal hewan, bermain sambil belajar
 Baca juga Pematangan pra calistung dengan bermain.
 
7. Mengenal profesi dan kendaraan dari berbagai media

Saat kami mengenalkan tentang pemadam kebakaran. Kami memakai berbagai media mulai dari maina, buku, video dan langsung ke lokasi dinas pemadamnya. Dari kegiatan ini, mereka belajar dengan sangat antusias. Xixixi.. jangankan anaknya, emaknya juga antusias kok.


Mengenal pemadam kebakaran dengan berbagai media

8. Percobaan sains

Ini salah satu favorit anak-anak. Walaupun mereka belum paham pembahasan ilmiah tentang ekperimen/percobaan sains yang mereka lakukan tapi permainan ini begitu menyenangkan bagi mereka karena merasa menemukan mainan baru yang menarik hati. Walaupun begitu aku tetap memberi penjelasan ringan yang bisa ditangkap oleh otak mereka. Seperti percobaan di bawah ini, aku bilang aja bahwa tumbuhan juga perlu minum makanya liat daunnya jadi berwarnakan.

Percobaan kapilaritas air pada sawi putih

Sebenarnya masih sangat banyak Permainan yanng mencerdaskan yang bisa kita lakukan di rumah menggunakan bahan-bahan sederhana yang bisa kita dapatkan di sekitar rumah kita. Jadi jangan menyerah ya mak.

Kalau mau lihat ide lainnya. Yuk mampir ke link ini Kumpulan ide bermain di PAUD AURA.



50 komentar:

  1. Hurayyyy..
    yang murah meriah juga banyak manfaatnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget kk.. secara emak-emak kan harus cerdas secara finansial. Bagaimana hal yang murah bisa bermanfaat. wkwkwkwk....

      Hapus
  2. No 8 teringat prakter waktu sd 😂😂👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh.. iya bang. Ini termasuk ekperimen sederhana

      Hapus
  3. Kreatif sekali mba, bisa jadi ide saya bermain dengan anak, makasih sharingnya ya mba :)

    BalasHapus
  4. Bermain sambil belajar ya...

    BalasHapus
  5. Bermain sambil belajar ya...

    BalasHapus
  6. Kenapa ga ikutan kelas kita arts buat craft td. Manatau bisa diajarkan ke anak2 nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin ada acara full dua hari emaknya kk. klw kosong mah pengen banget ngajak anak-anak kesana. terutama gadisku yang hobi crafting

      Hapus
  7. Bisa jadi ide bermain sama ponakan nie, kak....

    BalasHapus
  8. Wah saya penasaran sama percobaan sains lainnya nih. Keren ya PAUD AURA anak didiknya pasti selalu riang dan ceria. Permainan selalu berkualitas dan menantang anak untuk kritis. Cus ke link kumpulan permainannya ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak okti.. percobaan sainsnya blm banyak karena AuRa juga masih kecil 😅

      Hapus
  9. Wah seru juga tuh melukis dengan pewarna makanan dan cotton Bud.

    Hemat beli crayon mahal dan hasilnya menakjubkan.ide cemerlang

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa emak kan serimg cari yang hemat mbak. hehehe.. plus biar ada pengalaman lain buat anak2. bahwa mewarnai itu gak cuma bisa pake pensil warna, krayon, dsb yang biasa kita pakai

      Hapus
  10. makasih mbak inspirasinya, kebetulan saya lagi mau nyusun aktivitas buat anak di rumah, makasih banget yaaaa

    BalasHapus
  11. belom pernah nyobain kolase dari daun buat anakaku. kepengen ah nanticobain.anak aku demennyaolahraga lari mom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dikolaborasikan tuh mb.. lari2 pagi sambil nyari daun.

      Hapus
  12. Aku jadi pengen nyontoh ide bermainnya nih bun untuk anakku Erysha. Karena aku juga suka bikin permainan juga buat Erysha di rumah. Aku paling suka yang no pertama. Tapi harus sabar dulu nunggu Erysha agak gede dikit hihihi

    BalasHapus
  13. Kalo mau kecerdasan anaknya optimal, jadi ibu harus kreatif yaaa..
    Makasih sharingnya mba, saya butuh banget ini semua, mumpung anak masih 17 bulan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak.. karena konitif, motorik, sensorik,dll itu sebaiknya di stimulasi sejak dini. Dan itu tugas ortunya terutama ibu

      Hapus
  14. Wah seru ya banyak permainannya yang bisa membuat anak sambil belajar banyak hal. Ntar pingin nyoba yg batik dengan cutton bud deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.. kita bisa gunakan bahan dan alat disekeliling kita

      Hapus
  15. Yang kolase daun lucu banget dan unik hasilnya, bahannya pun gampang. Banyak juga ya permainan-permainan edukatif yang mengasah kreativitas dan caranya mudah banget.

    BalasHapus
  16. Mengkolase gambar ikan dan daun ini belum pernah dicobain ke keponakanku, wah perlu dipraktekkan nih

    BalasHapus
  17. Permainan apapun dlm bentuk kreativitas anak,, pasti bikin seneng ya kak, aku dapat tambahan nih baca ini buat anak2 ku dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak.. tapi kadang sesekali mereka juga kurang antusias. karena menurut mereka kurang seru or lagi boring. jadi kita mesti liat situasi dlu

      Hapus
  18. aduuh menarik bgt pilihan permainannya... gampang dilakukan tapi tetap kreatif....

    Jadi pingin mencoba yg membatik pake cotton bud dan kolase daun spt seru dan bahan sdh tersedia di rumah...
    Tfs mom.

    BalasHapus
  19. Kreatif banget sih Ummu Aura
    Ide dari sekitar kita aja bisa dimanfaatkan begitu banyak ya. Keren.
    Dan saya laper lihat jelly buah naganya.
    Termia kasih sudah berbagi inspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak. saya juga masih harus banyak belajar dan berjuang

      Hapus
  20. keren banget ini Mbak, anak-anak pada semangat gitu ya bermain sambil belajar.
    Si Kakak ini kalau diajak main seperti ini masih susah banget dia, maunya main yg disenanginya aja, padahal emaknya udah gemesss juga pengen main bersama sambil belajar tentunya. praktekkan apa yang dibaca dibuku dan artikel2 yg bertebaran spt blogpost Mbak ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. usia berapa mbak? hal itu juga sering aku alami. gak semua yang aku lakukan buat mereka antusias. nah mungkin kita bisa disisipin mainan/pelajaran baru di permainan yang disukainya

      Hapus
  21. Seru banget ini bermainnya, aku belum pernah nyobain yang bermain dengan daun dan mengolase menjadi ikan itu. Jadi pengen nyoba main dirumah sama anakku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba mbak.. bahannya mudah didapat dan gamapng buatnya

      Hapus
  22. Kogh aku baru ngerti blognya Ummu Aura ya huhu. Maafkan. Keren dan super kreatif ide ide mainnya. Jadi bisa bye for gadget. Aku contek ah, bikin kolase dari daun :)

    Salam kenal ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak. Mkadnya baru ngerti gimana mbak? 🤔😁

      Hapus
  23. Seru banget kegiatan PAUD-nya. Mudah pula mainnya, bisa jadi inspirasi main di rumah. Makaish ya mbak infonya.

    BalasHapus
  24. Sebenarnya banyak ya permainan ramah kantong yang manfaatnya sangat bagus. Tinggal gimana kraetifitas orang tuanya.

    BalasHapus
  25. Mengajak anak-anak main ternyata nggak perlu peralatan mahal yaa. Bisa menggunakan bahan yang ada di rumah. Tapi ibunya juga harus kreatif sih sebenarnya. Heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ibu sebagai fasilitator emang mesti kreatif.

      Hapus

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akun googlenya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)