Dyah ummu AuRa. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 Maret 2019

NHW #7 TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF

Memasuki minggu ke-7, kami memasuki materi bunda produktif. Sebenarnya apa sih sesunggunya bunda produktif itu? Bunda produktif adalah bunda yang senantiasa menjalani proses untuk menemukan dirinya, menemukan 'misi penciptaan' dirinya di muka bumi ini, dengan cara menjalankan aktivitas yang membuat matanya 'berbinar-binar'.

Menjadi bunda yang produktif, tidak bisa dimaknai sebagai mentawakkalkan rezeki pada pekerjaan kita. Sangat keliru kalau kita sebagai ibu sampai berpikiran bahwa rezeki yang hadir di rumah ini karena pekerjaan kita. Rezeki itu tidak selalu terletak dalam pekerjaan kita, Allah lah yang berkuasa dan mutlak sebagai urusanNya. IKhtiar  kita hanya taat, syukur, dan berbagi manfaat. InsyaAllah rezeki itu akan datang dari arah yang tak terduga.

"Karena  REZEKI itu PASTI,  KEMULIAAN lah yang harus DICARI"


Setelah berusaha mengetahui diri kita lewat NHW -NHW sebelumnya, kali ini kami akan mengkonfirmasi apa yang sudah kami temukan selama ini dengan tools yang sudah dibuat oleh Abah Rama di Talents Mapping.
 

Segera cocokkan hasil temu bakat tersebut dengan pengalaman yang sudah pernah teman-teman  tulis di NHW#1 – NHW #6. Semua ini ditujukan  agar bisa masuk di ranah produktif dengan BAHAGIA.
💖 Ketahuilah tipe kekuatan diri (strenght typology), dengan cara sbb :
  1. masuk ke http://www.temubakat.com
  2. isi nama lengkap anda, dan isi nama organisasi : Ibu Profesional
    jawab Questioner yang ada disana, setelah itu download hasilnya
  3. Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yg anda rasakan selama ini.
  4. Lampirkan hasil ST30 (Strenght Typology) di Nice Homework #7
Buku Talents mapping by Abah Rama
 
Alhamdulillah untus Tes di temu bakat ini sebenarnya sudah saya lakukan dari 2 tahun lalu ( bisa baca hasilnya di NHW 3), ketika tahu infonya Talents Mapping saat martikulasi grup HEbAT (Home Education based on AKhlak & Talent) bersama ustad Harry Santosa dan Abah Rama. Dan mencoba melakukan tes lagi sekarang dan hasilnya tidak terlalu berbeda. Inilah hasil dari Questioner di temu bakat yang baru aku lakukan.

DYAH AYU NOVITASARI, anda adalah orang yang suka dengan angka dan data , anda kurang yakin akan sesuatu yang sifatnya intuitif kecuali kalau anda juga punya bakat lainnya yang intuitif , dapat merasakan perasaan orang lain baik sedang gembira maupun sedang sedih , senang mengkomunikasikan sesuatu yang sederhana menjadi menarik , banyak ideanya baik yang belum pernah ada maupun dari pikiran lateralnya , selalu ingin memajukan orang lain dan senang melihat kemajuan orang , senang mengkomunikasi ideanya , suka mengumpulkan berbagai informasi atau teratur , analitis , rapih , teratur dan bertanggung jawab.

Hasil ST30 punya saya

Setelah melihat hasilnya saya merasa ada kesesuaian dengan apa yang telah saya rasakan selama ini dengan hasil tersebut. Sejalan pula dengan misi yang pernah saya tuliskan di Nhw sebelum-sebelumnya untuk menjadi sebaik-baiknya manusia yang bermanfaat, khususnya bagi orang sekitar. Berikut konfirmasi hasil tes dengan yang saya alami:

POTENSI KEKUATAN SAYA

1. ANALYST

Dari waktu sekolah saya memang lebih menyukai pelajaran yang berhitung daripada menghafal. Itulah sebabnya saya masuk jurusan Akuntansi waktu zaman SMK dan memilih jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi untuk Perguruan tingginya.


2. CARE TAKER

Bakat Ini juga sesuai dengan yang saya alami saat ini menjadi guru PAUD AuRa. xixixi... PAUD dalam hal ini bukan pendidikan anak usia dini tapi pendidikan Anak Ummi Dyah. Tapi untuk saat ini memang kedua anak saya masih tergolong dalam fase 7 tahun pertama kehidupan. Yang masih sangat membutuhkan banyak perhatian dan perawatan.


3. COMMUNICATOR

Ini yang masih harus saya asah. Menggunakan bahasa sederhana untuk menyampaikan sesuatu yang menarik agar mudah dicerna oleh otak anak-anak.


4. EDUCATOR

Keinginan mengajar, menyampaikan, melatih ilmu dan keterampilan sudah saya rasakan sejak masih kecil. Karena itu beberapa kali saat proses belajar mengajar menggunakan metode tutor sebaya. saya salah satu orang dipercaya guru buat menyampaikan materi ke teman-teman yang lain. Dan Alhamdulillah dulu sempat menjadi guru di beberapa seklah formal dan informal. Dan sekarang menjadi guru buat dua buah hati kami.


6. JOURNALIST

Kalau bakat ini baru saya temukan dan diasah dua tahun ini. Karena jujur waktu sekolah sangat merasa lemah untuk urusan mengarang tapi sekarang karena keinginan membagi ilmu yang belum memungkinkan untuk lewat lisan maka saya pilih untuk menebarkannya lewat tulisan. Dan Alhamdulillah sekarang merasakan ternyata mampu juga untuk menjadi penulis. Walaupun hasilnya belum terlihat tapi tetap berjuang. Sejauh ini saya membagikan pengalaman dan ilmu saya  melalui tulisan di blog dan buku antalogi.


7. TREASURY

Walaupun belum 100% diterapkan, tapi bakat ini cukup membantu menata keuangan hasil bisnis jual-beli buku saya. Tapi untuk manajemen keuangan keluarga masih malas untuk mencatat.



POTENSI KELEMAHAN SAYA

1. AMBASADOR

Yap, untuk ini aku akui memang sangat lemah. Untuk menjadi perwakilan apalagi jika itu terkait dalam hal kerjasama.


2. COMMADER

Saya memang merasa lemah dalam urusan ini. Bahkan untuk hal paling ringan misalnya mengatur asisten rumah tangga. saya kebanyakan orangnya gak enakkan mengatur dan mengawasi orang lain.


3. INTERPRETER

Dalam KBBI interpreter bisa juga diartikan sebagai sumber daya lunak pada komputer yang bertugas menerjemah bahsa komputer ke dalam bahsa mesin agar apat dikerjakan oleh komputer. Pantesan aku lemah karena emang gak ngerti masalah ini.


4. MARKETER

Sebenarnya kalau dalam hal ini saya merasa tak terlalu lemah tapi cuga gak kuat. Karena sebagai pelapak buku, Alhamdulillah beberapa kali berhasil memasarkan buku dalm jumlah yang cukup banyak.



5. PRODUCER

Memproduksi suatu barang memang belum pernah saya lakukan. Walaupun belum tahu keakuratan hasil ini tapi memang saya merasa belum mampu untuk sekarang.


6. QUALITY CONTROLLER

Sama seperti producer, quality controller ini belum pernah saya coba. tapi melihat sifatnya yang harus fokus, perfeksonis dan teliti memang kurang ada dalam diri saya.


7. RESTORER

Kalau soal memperbaiki alat-alat rumah tangga saya memang lebih mengandalkan pak suami. Pernah coba mengotak-atik bukannya benar malah makin rusak. wkwkwkwk....


Setelah mencocokan hasil temu bakat dengan pengalaman sendiri selanjutnya saya diminta untuk membuat kuadran aktivitas, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran
Kuadran 1: Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA

Kuadran 2: Aktivitas yang anda SUKA tetapi  andaTIDAK BISA
Kuadran 3: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda  BISA
Kuadran 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akun googlenya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)