Dyah ummu AuRa. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 07 Februari 2019

SIAPA YANG TIDAK MENYAYANGI, IA TIDAK AKAN DISAYANGI

Sebagai umat muslim sudah selayaknya kita sebagai muslim, kita harus lebih banyak belajar dari sirah Rasulullah shallahu 'alaihi wa salam untuk mendapatkan ilmu tentang pengasuhan atau zaman kekinian sering disebut ilmu parenting. Rasulullah shallahu 'alaihi wa salam merupakan sosok yang begitu sempurna untuk kita teladani. Seperti sebuah kisah berikut ini.


Suatu ketika Rasulullah shallahu 'alaihi wa salam memeluk dan mencium cucunya yang bernama Hasan. Ciuman penuh sayang dan cinta yang tulus dari seorang kakek. Nah, tingkah Rasulullah itu dilihat oleh seorang Arab Badui yang bernama Aqra' bin Habis. Ia tinggal diperdusunan, jauh dari kota Madinah.
Aqra' berkata, "Wahai Muhammad,aku mempunyai sepuluh anak." 
Rasulullah shallahu 'alaihi wa salam menjawab, "Ya,ada apa dengan mereka?"
"Aku merasa iri melihatmu memeluk dan mencium cucumu ini. Padahal aku memiliki sepuluh anak tapi aku tidak pernah memeluk dan mencium seorangpun dari mereka," ujar Aqra'.
Rasulullah shallahu 'alaihi wa salam pun menjawab lagi, "Wahai Aqra', siapa yang tidak menyanyangi, ia tidak akan disayangi." (HR. Bukhari Muslim dalam kitab Riyadush Shalihin)

Rasulullah shallahu 'alaihi wa salam bersabda :
" siapa yang tidak menyayangi, ia tidak akan disayangi."
(HR. Bukhari Muslim)

Ketika orang tua mencium anaknya itu merupakan salah satu wujud rasa sayang. Hal ini dapat mengerakan perasaan dan jiwa anak yang akan membangun jiwa anak dengan kasih sayang. kenapa bisa dibilang membangun jiwa anak? Karena dengan kasih sayang dari orangtuanya dia akan belajar menyanyangi orang tuanya, menyanyangi sesamanya dan juga menyayangi makhluk Allah lain termasuk hewan dan tumbuhan. Sebaliknya jika ia tidak menyanyangi maka ia juga tidak akan disayangi. Rasa sayang kepada anak itu jangan hanya sekedar kata-kata "Ummi sayang kamu, Nak". Tapi juga wajib ditunjukkan lewat perbuatan. Bukan hanya dengan mencium mereka tapi juga memeluk, mengusap punggung dan kepala, dsb. Yakinlah semakin besar rasa kasih sayang yang kita tunjukkan kepada anak-anak kita, hal itu juga akan memperkuat bonding/ikatan kita dengan mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akun googlenya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)