Friday, 22 February 2019

# Home Education # Ibu Profesional

NHW #4 MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH



Memasuki minggu keempat belajar di kelas martikulasi Ibu profesional. Kali ini aku dibantu untuk menemukan misi hidup setahap demi setahap. Dengan memulai memahami bahwa salah satu alasan aku melahirkan generasi adalah untuk membangun kembali peradaban dari dalam rumah kita. Dan modal awalnya adalah diri kami sendiri.

Jika ternyata apa yang sudah aku rencanakan tidak kita lakukan, itu hanya akan berakhir sebagai 'tsunami informasi' saja bagiku. Maka baiknya just do it, lakukan saja meskipun belum paham. Karena Allah yang akan memahamkan lewat kemampuan fitrah aku dalam mendidik anak-anak.

Dan  setelah mendapatkan materi dan berdiskusi seputar mendidik anak ddengan  kekuata fitrah, seperti biasa ada tugas yang menanti. Dan tentu saja tantangannya lebih besar dari tugas sebelumnya. Tugas minggu ini adalah :

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

InsyaAllah sampai saat ini saya akan tetap memilih jurusan ilmu Home education (pendidikan berbasis rumah) di Universitas Kehidupan ini. karena Home Education itu adalah amanah dan kesejatian peran dari setiap orangtua yg tak tergantikan oleh siapapun dan tdk bisa didelegasikan kepada siapapun. Seperti yang saya tulis di NHW #1.


 2.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Ketika melihat ulang checklist di HNW #2. Sebagian besar sudah terlaksana. Hanya beberapa point yang mungkin harus dilatih lebih keras untuk terus dilaksanakan. Seperti Olahraga ringan masih belum terlalu sering dilaksanakan (kebanyakan males), shalat sunah malam yang sering terabaikan, dan beberapa checlist lain. Tapi so far aku akan tetap berusaha melaksanakan semua yang tertulis di checklist itu.


3. Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Berdasarkan tulisan saya sebelumnya di NHW #3. Allah menciptakanku sebagai ibu yang menjadi madrasah pertama dan utama bagi duo AuRa untuk membangun peradaban dari dalam rumah. Semoga dengan bekal ilmu dan pengalam yang nanti aku dapatkan bisa aku transfer ke pada para ibu-ibu lainnya. Sehingga yang sebelumnya hanya menjadi eksekutor bisa menjadi inspirator
 
Misi Hidup : Menjadi ibu yang terbaik bagi duo AuRa dan bisa menginspirasi banyak orang
Bidang : Pendidikan berbasis rumah
Peran : Eksekutor dan Inspirator

4. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Untuk menjalankan misi hidup tersebut, aku harus berusaha untuk terus belajar terutama ilmu :

1. Ilmu Agama. Baik itu tentang shiroh, adab, akhlak, ibadah, fiqih, tazkiyatul nafs, dan semua hal yang terkait dalam koridor agama. Karena sebagai muslim landasan dan pedoman hidup haruslah Alquran dan Hadits Rasulullah shallahu alaihi wa salam.

2. Ilmu yang terkait dengan keluarga dan pengasuhan (parenting). Baik itu bekal untuk menjadi istri, anak, ibu yang baik bagi keluarga dan masyarakat. Terutama penguatan konsep dan pelasaksanaan pendidikan sesuai fitrah.

3. Ilmu manajemen diri, seperti :
*Pengelolaan emosi (terutama dalam hal innerchild);
*Komunikasi pada pasangan dan anak;
*Manajemen waktu (kapan waktu untuk me time, mengerjakan tugas domestik, belajar, membersamai anak, dll);
*Ilmu seputar passion, potensi, minat dan bakat untuk diri sendiri maupun untuk anak-anak nanti.
5. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
Sebenarnya aku termasuk ibu yang telat dalam belajar ilmu parenting dan home education. Aku memulainya sekitar 3 tahun yang lalu, itu berarti di tahun 2016. Tapi aku berharap kurang dari masa 8 Tahun dari sekarang aku bisa menjadi bukan hanya bisa sekedar eksekutor tapi juga inspirator.
Dan untuk memulainya aku menetapkan KM O dari tahun ini, sehingga untuk mencapai 10.000 jam terbang di bidang ini. Aku memerlukan kurang lebih 4 jam per hari untuk mencari ilmu, belajar, memprakterkan dan mentransfer ilmu dan pengalaman itu ke orang lain. Hitungannya 10.000 : 8 Tahun = 1250 : 12 bulan = 104,2 : 30 hari = 3,47 jam perhari.

Untuk milestonenya sendiri aku menetapkan :
KM 0 – KM 1 ( 2 tahun ke-1 / 2019-2020 ) : Mempunyai ilmu tentang agama, Ilmu Parenting dan pengasuhan (termasuk tentang fitrah) dan manajemen diri.
KM 1 – KM 2 ( 2 tahun ke-2 / 2021-2022 ) : Mulai melakukan penerapan kepada duo AuRa
KM 2 – KM 3 ( 2 tahun ke-3 / 2023-2024) : Memulai menganalisis passion, potensi, minat dan bakat duo AuRa dalam hal belajar dan berkarya. Karena di tahun ini duo AuRa sudah memasuki fase 7 tahun kedua sehingga akan lebih mudah untuk dilakukan penganalisisan.
KM 3 – KM 4 ( 2 tahun ke-4 / 2025-2026) : Mentransfer ilmu dan pengalaman, baik melalui lisan maupun tulisan.


6. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
Sebagian besar sudah saya cantumkan seperti belajar melalui membaca buku, menghadiri kajian. Menerapkan dengan membersamai proses bermain dan belajar duo AuRa. dan mentransfer ilmu dengan menulis di sosmed dan blog. Tapi untuk detailnya insyaAllah akan saya tambahkan.

7. Lakukan, lakukan, lakukan.

InsyaAllah.. Bismillah siap dilaksanakan.

1 comment:

  1. Saya juga masih belajar mom... Ayo berjuang terus belajar demi anak-anak kita :)

    ReplyDelete

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akunnya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)

Popular