Friday, 6 July 2018

# Film & Book Review # Home Education

AJARI ANAK MELINDUNGI DIRINYA SENDIRI



Ada beberapa hal yang mulai kami soundingkan kepada duo AuRa yang sebentar lagi akan bersosialisasi dengan banyak orang di sekolah formalnya nanti. 🏫 

Salah satunya mengajari mereka mengantisipasi ketika bertemu dengan orang asing/orang yang tidak dikenal. Kami posesif dan overprotectif? Tak apa, karena kami sadar bahwa kejahatan mungkin saja terjadi di sekitar anak-anak kami. Jadi lebih baik kami mengantisipasinya terlebih dahulu. Karena mereka begitu berharga 😍 (xixixi... kayak iklan ya? πŸ˜‚)


Kami menggunakan video edukasi dan buku sebagai media mensoudingnya. Salah satunya dari karya mbak watiek ideo yang judul bukunya "Aku Anak yang Berani, Bisa Melindungi Diri Sendiri". Serta video-video yang ada di youtube salah satunya di https://www.youtube.com/watch?v=878HzqGwWp8 ). Karena kayaknya anak-anak itu bisa lebih menerima masukan dari orang tua dengan contoh yang konkret. 😎

Buku koleksi duo AuRa
Ni ada beberapa tips bagi orang tua, dibaca yuk:
πŸ“Œ Berikan info kepada mereka tentang list nama siapa saja orang yang bisa dipercaya selain orang tua mereka misalnya nenek, guru, paman/bibi, tetangga deka
πŸ“Œ Ajak anak berkomunikasi kepada anak tentang keseharian mereka di luar yang tidak ada pendampingan orang tua. Misal saat mereka sekolah, main di taman/sekitar rumah, dari warung, dsb.
πŸ“ŒKatakan tidak jika ada orang asing/yang tidak dikenal mendekat dan mengajak pergi dengan iming-iming permen, coklat or mainan ataupun dengan kalimat "mereka datang karena di suruh orang tua"
πŸ“Œ Ajari mereka meminta pertolongan ketikat orang asing itu memaksa misal kepada guru, orang tua, atau satpam. Dan jika perlu berteriak, mengigit dan lari.
πŸ“Œ Kalau usia SD dan SMP sangat dianjurkan untuk anak-anak  tersebut menghafal no telpon penting misal polisi, orang tua, guru or keluarga terdekat.

 Tips ini bukan mau membuat anak su'udzon kepada orang lain tapi untuk bersikap hati-hati. Karena bukti kejahatan sudah sangat banyak kita lihat dan baca dari berita-berita yang tersebar di sosmed, televisi, maupun fortal berita online maupun offline. Jadi sebelum terlambat gak  ada salahnya kan buat kita mengantisipasi? πŸ’•

 Sumber gambar : pinterest 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak sudah berkunjung dan kasih komentar. Mohon masukkan akunnya ya. Semoga yang saya share bermanfaat. :)

Popular